Peringati Hari Raya Waisak 2023, 1.216 Narapidana Buddha Terima Remisi

Peringati Hari Raya Waisak 2023, 1.216 Narapidana Buddha Terima Remisi

Nasional | BuddyKu | Minggu, 4 Juni 2023 - 13:31
share

AKURAT.CO, Hari Raya Tri Suci Waisak 2567 Buddhist Era atau BE diperingati tepat pada hari ini, Minggu (4/6/2023).

Mengenai hal ini, Koordinator Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Rika Aprianti mengatakan bahwa terdapat sebanyak 1.216 narapidana (napi) beragama Buddha yang diberikan Remisi Khusus (RK).

"Sebanyak 1.216 orang dari 1.733 WBP beragama Buddha menerima remisi khusus (RK) Hari Raya Waisak," ujar Rika dalam keterangannya, Minggu (4/6/2023).

Kemudian, Rika mengatakan bahwa dari 1.216 napi tersebut, terdapat 7 orang napi yang menerima RK II atau dapat langsung bebas, sementara sisanya masih harus menjalani sisa masa pidananya.

"1.209 orang menerima RK I, yaitu masih harus menjalani sisa pidana setelah memeroleh pengurangan masa pidana sebagian," kata Rika.

"Sementara tujuh orang lainnya menerima RK II atau dapat langsung bebas," sambungnya.

Kendati demikian, Rika menjelaskan bahwa pemberian remisi khusus ini merupakan hak dari para warga binaan.

Namun, tidak semua warga binaan bisa mendapatkan kesempatan remisi ini, melainkan hanya warga binaan yang telah mengikuti kegiatan pembinaan dan memenuhi berbagai syarat.

"Remisi Khusus ini tidak serta-merta kita berikan kepada semua WBP yang beragama Buddha, melainkan hanya diberikan kepada mereka yang telah mengikuti kegiatan pembinaan dengan baik dan terus berupaya menjadi pribadi yang lebih baik lagi," jelasnya.

Lebih lanjut, Rika mengatakan bahwa dengan adanya pemberian remisi khusus ini, pihaknya berharap agar para warga binaan dapat termotivasi untuk selalu memperbaiki diri.

"Melalui pemberian remisi khusus ini, kami berharap warga binaan dapat termotivasi untuk selalu berupaya memperbaiki diri, menjadi pribadi yang lebih baik, dan aktif dalam setiap kegiatan pembinaan di lapas atau rutan," tuturnya.

Topik Menarik