Indonesia Sampaikan Dukacita Mendalam Tabrakan Kereta di India, Tak Ada Korban WNI

Indonesia Sampaikan Dukacita Mendalam Tabrakan Kereta di India, Tak Ada Korban WNI

Nasional | BuddyKu | Minggu, 4 Juni 2023 - 08:21
share

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah Indonesia menyampaikan dukacita mendalam atas kecelakaan kereta api di Negara Bagian Odisha, India, pada Jumat (2/6/2023) malam waktu setempat. Kecelakaan itu menewaskan setidaknya 288 orang dan melukai 800 lebih lainnya.

Duka cita dan simpati mendalam atas musibah kecelakaan kereta api di negara bagian Odisha, India (3/6), yang sebabkan ratusan korban jiwa dan luka, bunyi pernyataan Kemlu RI, melalui Twitter, Sabtu (3/6/2023).

Kemlu juga memastikan tak ada warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban dalam kecelakaan kereta api paling mematikan kedua di India itu.

Tidak ada korban WNI dalam Kecelakaan kereta di Odisha, India, demikian isi pernyataan, dalam cuitan berbeda.

Korban tewas tabrakan tiga kereta di India terus bertambah, angka terbaru hingga Sabtu malam sudah mendekati 300 orang. Jumlah korban meninggal diperkirakan masih bisa bertambah mengingat proses evakuasi korban yang masih berlangsung serta banyaknya korban luka yang dalam kondisi kritis.

Pemerintah Negara Bagian Odisha memberlakukan hari berkabung pada Sabtu kemarin sebagai bentuk penghormatan kepada para korban.

Perdana Menteri Narendra Modi mengunjungi lokasi kejadian pada Sabtu. Dia berbicara dengan petugas penyelamat serta memeriksa puing-puing kereta yang hancur. Dia juga bertemu para korban luka yang dirawat di rumah sakit.

(Saya) Memperhatikan situasi di lokasi tragedi di Odisha. Tidak ada kata-kata yang bisa mengungkapkan kesedihan saya yang mendalam. Kami berkomitmen untuk memberikan semua bantuan yang mungkin kepada mereka yang terdampak, kata Modi.

Tragedi Odisha merupakan kecelakaan kereta paling mematikan kedua di India sejak 2 dekade lebih. Pada 1981, kereta api jatuh dari jembatan ke sungai di Bihar, menewaskan sekitar 800 orang.

Topik Menarik