Erdogan akan Dilantik Sebagai Presiden Turki untuk Masa Jabatan Ketiga

Erdogan akan Dilantik Sebagai Presiden Turki untuk Masa Jabatan Ketiga

Ekonomi | BuddyKu | Sabtu, 3 Juni 2023 - 17:32
share

Presiden Recep Tayyip Erdogan akan dilantik pada Sabtu (3/6) sebagai kepala negara untuk lima tahun mendatang setelah memenangipemilihan presiden (pilpres) putaran kedua yang bersejarah. Pelantikan tersebutmenandai masa jabatan ketigabagi Erdogan.

Pelantikan Erdogan akan dilakukan di gedung parlemen, dan dilanjutkan dengan upacara mewah di istananya di Ibu Kota Ankara yang dihadiri puluhan pemimpin dunia.

Pemimpin Turki yang transformatif, tetapi dianggap memecah-belah itu berhasil memenangkan pilpres putaran kedua pada 28 Mei. Saat itu, ia berhadapan dengan koalisi oposisi yang kuat. Ia berhasil melibas para saingannya, meski Turki menghadapi krisis ekonomi dan hujan kritik menyusul gempa dahsyat Februari yang menewaskan lebih dari 50.000 orang.

Erdoganmeraup52,18 persen suara,sedangkan saingannya dari kelompok sekuler, Kemal Kilicdaroglu,mengantongi47,82 persen suara, berdasarkan data resmi.


Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, tengah depan, tiba untuk bergabung dengan legislator yang baru terpilih di Majelis Nasional Agung, di Ankara, Turki, Jumat, 2 Juni 2023. (Foto: via AP)

Pemimpin terlama Turki menghadapi tantangan langsung dan besar dalam masa jabatan ketiganya yang didorong oleh perlambatan ekonomi dan ketegangan kebijakan luar negeri dengan Barat.

Tantangan Ekonomi

Mengatasi masalah ekonomi negara akan menjadi prioritas pertama Erdogan mengingat inflasi mencapai 43,70 persen, sebagian karena kebijakan pemotongan suku bunga yang tidak biasa untuk merangsang pertumbuhan.

Pada Sabtu (3/6) malam, presiden dijadwalkan mengumumkan kabinet barunya. Media berspekulasi bahwa mantan menteri keuangan Mehmet Simsek, seorang tokoh internasional, akan memainkan peran.

Mantan ekonom Merrill Lynch, Simsekdikenal karenamenentang kebijakan Erdogan yang tidak konvensional.

Topik Menarik