Kloter 12 Upg Diterbangkan ke Madinah, Jemaah Tertua Berusia 100 Tahun

Kloter 12 Upg Diterbangkan ke Madinah, Jemaah Tertua Berusia 100 Tahun

Nasional | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 21:53
share

MAKASSAR, BUKAMATA - Sebanyak 393 jemaah haji termasuk 5 orang petugas yang tergabung dalam Kloter 12 Embarkasi Makassar (Upg) larut dalam lantunan Talbiyah dan Doa yang dikumandangkan sesaat sebelum diberangkatkan dari Aula Mina Asrama Haji Sudiang menuju Bandara Sultan Hasanuddin Makassar untuk selanjutnya diterbangkan ke Kota Madinah Arab Saudi pada pukul 20.45 Wita, Kamis, 1 Juni 2023.

Setelah melalui serangkaian kegiatan di Aula Mina Asrama Haji Sudiang Makassar yang menjadi Terminal Keberangkatan Haji bagi seluruh Jemaah asal 8 Provinsi di Kawasan Indonesia Timur, seperti Pelepasan oleh PPIH, penyerahan Passpor oleh Imigrasi, pemberian nomor kursi pesawat oleh Maskapai Garuda Indonesia serta Pemeriksaan Barang bawaan Jemaah Haji oleh Gapura Angkasa, satu persatu Jemaah Haji Kloter 12 Upg menaiki Bus Damri yang menjadi angkutan khusus Jemaah haji menuju Bandara.

Sebelumnya, Kepala Bidang Penerimaan dan Pemberangkatan Jemaah Haji pada PPIH Embarkasi Makassar, Wahyuddin Hakim, yang didampingi Kakankemenag Kabupaten Luwu dalam sambutannya saat melepaskan secara resmi Kloter 12 Upg menekankan agar jemaah meluruskan kembali niatnya semata untuk beribadah haji di Tanah Suci. Dan tetap mengikuti arahan dan petunjuk dari petugas haji baik di kloter maupun di Tanah Suci nantinya.

Di Kloter 12 Upg ini terdapat 15 Jemaah haji lansia yang menggunakan kursi roda. Salah satu diantaranya jemaah tertua yang berusia 100 Tahun lebih bernama Mahasing bin Pandul berasal dari Kabupaten Luwu.

Jemaah tertua di Kloter 12 Upg ini dulunya berprofesi sebagai petani dan nelayan serta Imam Masjid di Desa Cimpu Muara Selatan, Luwu. Awalnya ia menolak untuk didudukkan di kursi roda dengan alasan masih sanggup jalan sendiri. Akan tetapi pria yang memiliki lima orang anak ini oleh petugas PPIH tetap dilayani dengan kursi roda, untuk menghemat tenaga para jemaah lansia sampai nanti sudah duduk manis di atas pesawat.

Dengan keberangkatan Kloter 12 Upg meninggalkan Kota Makassar menuju Madinah, maka total jemaah haji asal Embarkasi Makassar yang sudah diterbangkan ke Tanah Suci sebanyak 4.704 orang. Dengan rincian jemaah laki-laki 1.807 orang, dan jemaah wanita 2.897 orang. (*)

Topik Menarik