Hijaukan Kota Makassar, Sebanyak 752 Pohon Ditanam

Hijaukan Kota Makassar, Sebanyak 752 Pohon Ditanam

Nasional | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 14:23
share

SULSELSATU.com, MAKASSAR Ketua TP PKK Kota Makassar Indra Yusuf Ismail bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melakukan penanaman pohon Tabebuya di Taman Gajah Metro Tanjung Bunga, Rabu (31/5/2023).

Penanaman pohon ini bertujuan bisa menambah jumlah hutan kota dan membangkitkan penghijauan di Kota Makassar.

Ketua TP PKK Indra Yusuf Ismail mengatakan, ingin menghijaukan kembali Kota Makassar. Berharap bisa menjadikan taman sebagai hutan kota.

Pokoknya kita berusaha hijaukan Kota Makassar ke depannya, ujar Indra.

Menurut Indra, aksi penghijauan ini perlu dilakukan di seluruh wilayah Kota Makassar. Selain untuk membuat teduh, tanaman juga berperan penting dalam menyerap karbondioksida dan Polutan agar mengurangi pencemaran udara.

Kami ingin jadikan hutan kota supaya juga lebih sejuk, ujar Indra.

Selain menyejukkan kata Indra, dengan adanya tanaman hijau pemandangan akan lebih baik dan akan menambah luasan Ruang Terbuka Hijau (RTH).

Plt Kepala DLH Ferdy Mochtar mengatakan, total ada 752 tanaman Bougenville yang akan ditanam sepanjang anjungan Pantai losari. 25 persen di antaranya adalah pohon Tabebuya.

Pemilihan tanaman ini bukan tanpa alasan, pertimbangannya menyangkut aspek RTH dan keindahan taman kota, ujar Ferdy.

Ferdy menjelaskan tanaman Bougenville sangat bagus saat berbunga dengan warna yang seragam. Selain itu, tanaman Tabebuya dapat menjlingkatkan kualitas udara di Kota Makassar, tanaman ini memiliki sifat jangka panjang.

Ferdy juga memastikan pihaknya memiliki satgas pertaman yang berpengalaman untuk pembenahan tanaman sesuai target yang ingin di capai.

Tahun ini, Makassar akan menjadi tuan rumah dari berbagai event nasional dan internasional sehingga perlu pembenahan untuk menampilkan Makassar yang indah.

Apalagi mendekati acara besar, pemerintah kota harus siap, ujar Ferdy.

Topik Menarik