Tidak Cuma di Jakarta, PSSI Pastikan FIFA Matchday Bakal Bergilir di Sejumlah Kota di Indonesia

Tidak Cuma di Jakarta, PSSI Pastikan FIFA Matchday Bakal Bergilir di Sejumlah Kota di Indonesia

Nasional | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 11:02
share

JAKARTA - Wakil Ketua Umum (Waketum) 1 PSSI Zainudin Amali memastikan laga FIFA matchday Timnas Indonesia tidak hanya digelar di Kota Jakarta saja. Namun, juga akan dimainkan di sejumlah kota lainnya di Indonesia.

Itu ditandai dengan pertandingan Skuad Garuda -julukan Timnas Indonesia- akan melawan Palestina di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Rabu (14/6/2023). Sementara itu, Timnas Indonesia melawan Argentina di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (19/6/2023).

Setelah laga itu, tim asuhan Shin Tae-yong akan menjalani FIFA matchday periode September. Itu dalam jangka waktu tanggal 4 sampai 12 September, tetapi untuk lawannya belum bisa dipastikan.

Zainudin Amali melanjutkan, Timnas Indonesia akan berlaga di berbagai kota di Tanah Air agar suporter bisa menonton langsung di stadion melihat aksi Marselino Ferdinan dan kolega. Semangat itu yang dirinya akan jaga.

"Ya, bagi-bagilah. Masa semuanya di Jakarta. Kan, Surabaya itu kan tadinya menjadi tempat salah satu stadion Piala Dunia U-20," kata Amali di Jakarta, Selasa (31/5/2023).

Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) itu mengatakan FIFA matchday memang diprioritaskan lebih dahulu di stadion-stadion yang sudah disiapkan untuk Piala Dunia U-20. Supaya Timnas Indonesia bisa merasakan stadion yang baru saja direnovasi tu.

"Nanti, Stadion Manahan juga akan dapat bagian. (Stadion Si Jalak Harupat), Bandung juga akan dapat bagian (dan lain-lain)," katanya.

Zainudin Amali mengatakan Timnas Indonesia memang diusahakan selalu ambil bagian dalam FIFA matchday, tetapi tidak asal pilih lawan. Tujuannya agar Timnas Indonesia bisa naik kelas dan memperbaiki rangking FIFA yang kini berada di posisi 149.

"Pak Ketua Umum (Ketum) Erick Thohir sudah siapkan dari 8 FIFA matchday (dalam setahun) satu untuk pertandingan besar. Yang 7 kami usahakan untuk memperbaiki ranking," pungkasnya.

Topik Menarik