Satnarkoba Polresta Cirebon Upayakan Cirebon Bebas Narkoba

Satnarkoba Polresta Cirebon Upayakan Cirebon Bebas Narkoba

Nasional | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 07:10
share

CIREBON- Berhasil ungkap 29 Kasus dengan 33 tersangka dalam tiga bulan, Jajaran Satnarkoba Polresta Cirebon akui jumlah tersebut tergolong sedikit.

Kasat Narkoba, Kompol Dadang Garnadi mengatakan, Satnarkoba Polresta Cirebon dalam sebulan miliki target 12 sampai 15 kasus setiap bulannya.

"Target sebulan 12 sampai 15 perkara, karena kita kan Polresta tanggung jawab yang diemban harus besar, makanya ditargetkan segitu," katanya, Rabu (31/5/2023).

Dan, lanjutnya, pada awal tahun sendiri yakni Januari dan Februari secara berturut-turut terdapat 12 kasus. Oleh karenanya, jika diakumulasikan dalam tiga bulan seharusnya jajaran Satnarkoba Polresta Cirebon seharusnya mendapat 36 kasus.

"Justru ini rendah kepotong puasa, operasi ketupat, kebijakan cuti, dan lainnya, karena kan kita cuti itu bergantian," bebernya.

Dadang sendiri menuturkan terdapat sejumlah tim di lapangan yang bertugas, dengan target 12 sampai 15 kasus maka tugas tersebut dibagikan kepada sejumlah tim terkait. Tim tersebut akan bergerilya untuk menangkap para pengedar di Kabupaten Cirebon.

"Nanti misal dapat satu kasus dan satu tersangka atau tiga tersangka, akan dilakukan pendalaman lagi, karena memungkinkan ada jaringan lainnya," jelasnya.

Kasus Narkoba di Kabupaten Cirebon yang ditangani Dadang sejauh ini rata-rata dilakukan oleh orang-orang usia produktif sekitar 20 sampai 40 tahun yang juga mayoritas pekerja buruh serabutan baik di toko, warung, buruh tani, dan lainnya.

Mayoritas transaksi narkoba para pengedar, dikatakan Dadang masih dilakukan dengan cara lama yakni secara langsung atau semacam COD. Ia mengimbau agar generasi penerus bangsa jangan sampai menyentuh narkoba.

"Jangan pernah sekali-kali mendekati narkoba, karena merusak moral serta jasmani, sanksi pidana maupun sanksi sosial akan menjerat siapapun yang melakukan menyalahgunakan narkoba," tegasnya.

Tak hanya memberantas jaringan Narkoba sebagai misi saat ini dan ke depan, Dadang berharap Kabupaten Cirebon bebas dari narkoba.

"Yang jelas, narkoba merusak moral juga fisik generasi bangsa," tandasnya.***

Topik Menarik