Diterima Sebagai Tokoh Adat di Sikka, Menkopolhukam Siap Proses Frans Seda Jadi Pahlawan Nasional

Diterima Sebagai Tokoh Adat di Sikka, Menkopolhukam Siap Proses Frans Seda Jadi Pahlawan Nasional

Nasional | BuddyKu | Rabu, 31 Mei 2023 - 16:43
share

MAUMERE, iNewsBelu.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan ( Menkopolhukam ) Mahfud MD siap memroses pengangkatan Frans Seda menjadi Pahlawan Nasional . Hal itu disampaikan Mahfud saat mengunjungi rumah masa kecil Frans Seda di Lekebai, Sikka, NTT. Dalam kesempatan ini Mahfud disambut secara adat oleh keluarga besar Frans Seda.

Tidak hanya itu, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) tersebut juga dinobatkan sebagai tokoh adat kehormatan yang ditandai dengan pengenaan pakaian adat Suku Lio.

Dalam dialog bersama warga, Mahfud MD merespon permintaan warga untuk mengesahkan Frans Seda sebagai salah satu Pahlawan Nasional Indonesia. Pasalnya, Frans Seda dinilai telah berjasa bagi bangsa, mulai dari masa Presiden Soekarno hingga Presiden Soeharto. Mahfud menyampaikan bahwa berkas pengajuan Frans Seda sebagai Pahlawan Nasional sudah diterimanya.

Akan segera diproses berkas yang ada guna diajukan ke Presiden Jokowi, janji Mahfud, Rabu (31/5/2023).

Usai dari rumah kediaman Frans Seda, Mahfud bersama rombongan akan terbang ke Kabupaten Ende guna mengikuti dialog kebangsaan di Kampus Universitas Flores. Rencananya, Menkopolhukam akan menjadi inspektur upacara Hari Lahir Pancasila langsung dari Kabupaten Ende.

Topik Menarik