Apakah Penyakit Autoimun Bisa Disembuhkan? Begini Kata Dokter Penyakit Dalam

Apakah Penyakit Autoimun Bisa Disembuhkan? Begini Kata Dokter Penyakit Dalam

Berita Utama | okezone | Sabtu, 20 April 2024 - 15:50
share

PENYAKIT autoimun mulai menjadi perhatian lantaran mulai banyak orang yang mengidap penyakit ini. Selain disebabkan oleh faktor keturunan, penyakit autoimun juga bisa terjadi karena gaya hidup yang kurang sehat lho.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Reumatologi, dr. Andi Raga Ginting, M.Ked, Sp.PD,K-R menjelaskan bahwa penyakit autoimun merupakan sebuah kondisi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang sel dan jaringan tubuh yang sehat.

“Penyakit autoimun ini penyakit yang disebabkan oleh kekebalan tubuh kita itu menyerang sel dan jaringan tubuh yang sehat. Contoh dari penyakit autoimun itu termasuk Rheumatoid Arthritis, Lupus, Multiple Sclerosis, Diabetes Type 1, dan masih banyak lagi,” kata dr. Andi, dikutip dari Instagram @andiragagt.

Namun yang sering menjadi pertanyaan, apakah penyakit autoimun itu bisa disembuhkan? Dr. Andi menjelaskan hingga saat ini masih belum ada obat yang bisa menyembuhkan autoimun secara total.

“Saat ini memang tidak ada obat yang benar-benar dapat menyembuhkan penyakit autoimun. Tetapi pengobatan yang tepat itu dapat mengendalikan penyakitnya,” ujarnya

Akan tetapi penyakit autoimun memiliki pengobatan yang bisa membantu mengengendalikan enyakitnya, mulai dari gejala, peradangan, hingga mencegah kerusakan jaringan tubuh yang dapat menjadi lebih parah bila tak diobati.

Topik Menarik