Doa Naik Kendaraan Darat, Laut, dan Udara untuk Mudik Lebaran yang Wajib Dihafal Umat Muslim 

Doa Naik Kendaraan Darat, Laut, dan Udara untuk Mudik Lebaran yang Wajib Dihafal Umat Muslim 

Berita Utama | inews | Sabtu, 6 April 2024 - 01:30
share

JAKARTA, iNews.id - Doa naik kendaraan darat, laut, dan udara untuk mudik lebaran wajib dihafalkan oleh umat Muslim. Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri jadi momen terbaik masyarakat untuk pulang ke kampung halaman alias mudik.

Masyarakat menggunakan berbagai moda transportasi baik darat, laut, maupun udara untuk melaksanakan mudik. Meski begitu, terkadang perjalanan jauh jadi salah satu hal menakutkan bagi sebagian masyarakat.

Dalam Islam, terdapat doa khusus yang diamalkan saat naik kendaraan. Ini dilakukan agar Allah Subhanahu Wata'ala senantiasa memberikan keridhoan dan keberkahan terhadap perjalanan mudik kita.

Berikut iNews.id berikan informasi mengenai doa naik kendaraan darat, laut, dan udara untuk mudik lebaran yang dikutip dari berbagai sumber, Sabtu (6/4/2024).

Doa Naik Kendaraan Darat

Membaca takbir sebanyak 3 kali,

, ,

Latin:

Allaahu akbar, Allaahu akbar, Allaahu akbar

Artinya:

"Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar."

Dilanjutkan dengan membaca,

Latin:

Subhaanal-ladzii sakhkhara lanaa haadzaa wamaa kunnaa lahu muqriniin. Wa innaa ilaa rabbinaa lamunqalibuun.

Artinya:

"Maha Suci Tuhan yang memudahkan ini kendaraan bagi kami, sedangkan bagi kami tidak bisa memudahkan kepada-Nya, dan kepada Allah kami kembali."

Doa Naik Kendaraan Laut

Latin:

Bismillahi majrh wa mursh inna rabbi laghafrur-rahm.

Artinya:

"Dengan nama Allah yang menjalankan dan melabuhkan kendaraan ini. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pemaaf lagi Maha Pengasih." (HR Ibn Sunni dalam Imam Al-Nawawi, Al-Adzkr, h. 199)

Doa Naik Kendaraan Udara

Latin:

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. Subhanalladzi sakkhoro lana hadza wa maa kunnaa lahu muqrinin, wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibun, allahumma inna nas'aluka fii safarinaa hadzal birro wat taqwa wa minal 'amal maa tardho, allahumma hawwin 'alaina safarona hadza wa athwi 'annaa bu'dahu, allahumma antash shohibu fis safari wal kholifatu fil ahli, allahumma inni a'udzubika min wa'tsaais safari wa kaabatil mandzhori wa suuil munqolibi fil maali wal ahli.

Artinya:

"Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha Suci Allah yang telah menundukkan (pesawat) ini bagi kami, padahal sebelumnya kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kepada Allah lah kami kembali."

Demikian ulasan mengenai doa naik kendaraan darat, laut, dan udara. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik