Proyek China, Malaysia Pertimbangkan Bangun Jalur Kereta Api Tersambung ke Thailand

Proyek China, Malaysia Pertimbangkan Bangun Jalur Kereta Api Tersambung ke Thailand

Berita Utama | inews | Kamis, 28 Maret 2024 - 13:25
share

KUALA LUMPUR, iNews.id – Pemerintah Malaysia bakal mempertimbangkan perluasan proyek pembangunan jalur kereta api yang dipimpin China ke perbatasan negeri jiran itu dengan Thailand. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan hubungan ekonomi di antara dua negara Asia Tenggara itu.

Sebagai bagian dari program Inisiatif Sabuk dan Jalan atau Belt and Road Initiative (BRI) yang diprakarsai China, Malaysia membangun jalur kereta api sepanjang 665 km dengan nilai proyek mencapai 50,27 miliar ringgit (sekira Rp168,7 triliun). Jalur tersebut bakal menghubungkan pantai timur dan barat Semenanjung Malaysia pada akhir 2026.

Menteri Perhubungan Malaysia, Anthony Loke mengatakan, pihaknya terbuka terhadap proposal untuk memperluas jalur rel kereta itu hingga perbatasan dengan Thailand. Menurut dia, hal itu dapat mewujudkan integrasi transportasi lebih lanjut ke dalam jaringan kereta api yang sudah ada maupun pembangunan infrastruktur di masa depan.

“Ketika konektivitas jalur kereta api antara Malaysia dan Thailand dapat dimodernisasi dan ditingkatkan, pergerakan (kereta) kargo dan penumpang antara kedua negara akan menjadi lebih cepat, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi,” kata Loke kepada Senat Malaysia, Rabu (27/3/2024).

Saat dimintai komentar terkait wacana tersebut oleh wartawan, juru bicara Kementerian Perhubungan Thailand belum memberikan tanggapan.

Proyek jalur kereta api sepanjang 665 km dari Port Klang ke Kota Bharu di Malaysia pertama kali diusulkan pada 2017. Saat ini, prasarana transportasi darat itu sedang dibangun oleh unit China Communications Construction Co Ltd (CCCC) di Malaysia. Hingga Maret ini, progres pembangunannya telah selesai 60 persen, menurut kantor berita negara Bernama.

Peta rute MRL East Coast Rail Link (ECRL), jalur kereta api yang menghubungkan pantai timur dan barat Semenanjung Malaysia. (Sumber: Wikimedia maps)
Peta rute MRL East Coast Rail Link (ECRL), jalur kereta api yang menghubungkan pantai timur dan barat Semenanjung Malaysia. (Sumber: Wikimedia maps)

Thailand juga mempunyai rencana untuk berinvestasi dalam proyek jembatan darat besar-besaran di selatan negara itu untuk meningkatkan pertumbuhan dan perdagangan global. Jembatan ini akan melewati Selat Malaka yang padat, jalur laut sempit antara Malaysia dan Indonesia.

“Alih-alih persaingan yang tidak menguntungkan, Kementerian Perhubungan (Malaysia) yakin bahwa Malaysia dan Thailand dapat menjajaki kerja sama yang lebih erat di bidang transportasi dan pembangunan nasional untuk saling menguntungkan dalam jangka panjang,” kata Loke.

Topik Menarik