Lupa Niat Puasa Ramadhan Apakah Ibadahnya Tetap Sah?

Lupa Niat Puasa Ramadhan Apakah Ibadahnya Tetap Sah?

Berita Utama | batam.inews.id | Selasa, 26 Maret 2024 - 16:40
share

BATAM, iNewsBatam.id - Lupa niat puasa Ramadhan apakah puasanya sah, apakah tetap dilanjutkan hingga waktu berbuka maghrib

Setiap ibadah apapun dimulai dengan niat, termasuk niat puasa Ramadhan.Menurut Ustadz Faozan Amar, Sekretaris Lembaga Dakwa Khusus PP Muhammadiyah, pada dasarnya, niat puasa tidak harus dilafalkan dengan kata-kata, tetapi cukup dengan niat yang dinyatakan dalam hati.

Namun, jika seseorang lupa membaca niat puasa, maka puasanya tidak sah. Ada kemungkinan bahwa seseorang lupa untuk berniat puasa hingga keesokan paginya ketika hendak melaksanakan sahur.

"Kesalahan dalam melafalkan niat puasa tidak secara langsung memengaruhi keabsahan puasa, selama terdapat niat dalam hati untuk melaksanakan ibadah puasa pada keesokan harinya saat sahur," katanya ketika dihubungi oleh MNC Portal beberapa waktu yang lalu.

Lebih lanjut, meskipun terdengar sederhana, lupa akan niat puasa dapat memiliki dampak yang fatal yaitu membuat ibadah puasa menjadi tidak sah. Oleh karena itu, untuk menghindari hal tersebut, bisa dilakukan dengan mengingatnya pada malam hari atau setelah Sholat Tarawih.

"Niat berpuasa dapat dilakukan baik di awal Bulan Ramadhan atau saat menjalankan puasa sunnah, bisa dilakukan pada malam hari atau sebelum makan sahur," tambahnya.

Topik Menarik