Hamas Tepis Laporan Pertukaran 700 Tahanan Palestina dengan 40 Sandera Israel

Hamas Tepis Laporan Pertukaran 700 Tahanan Palestina dengan 40 Sandera Israel

Berita Utama | inews | Selasa, 26 Maret 2024 - 16:28
share

MOSKOW, iNews.id - Kelompok perlawanan Palestina Hamas menepis laporan soal kesepakatan pertukaran tahanan dengan Israel. Sebelumnya pejabat Amerika Serikat (AS) mengusulkan pertukaran 700 tahanan Palestina dengan 40 sandera Israel di Gaza.

Seorang pejabat senior Hamas yang meminta namanya tak dipublikasikan mengatakan kepada kantor berita Iran IRNA, pihaknya tak akan menerima proposal tersebut. Hamas, kata dia, memperjuangkan gencatan senjata yakni penghentian perang di Gaza.

Sementara itu seorang juru bicara Hamas menegaskan, laporan media tentang konsesi dan pertukaran tahanan yang ditawarkan Israel kepada Hamas merupakan bagian dari propaganda media Israel yang tidak masuk akal dan tidak berdasar.

Kami telah menjelaskan sikap kami dan tidak akan mundur, kata dia.

Sebelumnya media AS CNN, mengutip sumber pejabat yang mengikuti perkembangan masalah ini, melaporkan Israel telah menyetujui persyaratan yang diusulkan oleh Direktur CIA Bill Burns untuk pertukaran tahanan Palestina dengan sandera Israel.

AS dan Israel masih menunggu respons dari Hamas soal proposal tersebut.

Sementara itu Barak Ravid, jurnalis Israel yang bekerja di portal berita AS Axios, mengunggah pesan di media sosial X. Isinya, AS mengajukan proposal pembebasan 700 tahanan Palestina, termasuk 100 orang yang sedang menjalani hukuman seumur hidup atas tuduhan membunuh warga Israel. Angka itu lebih sedikit dari yang diusulkan mediator Qatar 3 pekan lalu lalu.

Menurut Ravid, Israel menolak usulan Qatar soal jumlah tahanan Palestina yang harus dibebaskan karena Hamas gagal menanggapi usulan yang diajukan dalam perundingan Paris, mencakup pembebasan 400 tahanan, termasuk 25 orang yang menjalani hukuman seumur hidup.

Topik Menarik