Kirim Bantuan ke Palestina dan Sudan, BNPB: Secepatnya, Mungkin Minggu Depan

Kirim Bantuan ke Palestina dan Sudan, BNPB: Secepatnya, Mungkin Minggu Depan

Berita Utama | okezone | Selasa, 26 Maret 2024 - 14:05
share

JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto memastikan akan segera mengirimkan bantuan ke Palestina dan Sudan, secepatnya dalam Minggu depan. Bantuan ini menggunakan Dana Siap Pakai (DSP) dari BNPB.

Jadi untuk bantuan kali ini untuk rakyat Palestina dan Sudan ini menggunakan dana siap pakai BNPB, ungkap Suharyanto usai Rapat Tingkat Menteri (RTM) di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Selasa (26/3/2024).

Suharyanto mengatakan, dana siap pakai BNPB bisa juga digunakan untuk penanganan bencana bagi masyarakat di luar Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Asal syaratnya adalah ada rapat tingkat menteri yang barusan kita laksanakan ini. Nah teknis pelaksanaannya tentu saja setelah ini kita akan membentuk Satgas Terpadu, BNPB, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, ujarnya.

Lebih lanjut, Suharyanto mengatakan barang-barang bantuan akan ditentukan dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Luar Negeri yang bisa disiapkan yang sesuai dengan permintaan baik Palestina lewat Mesir maupun Sudan.

Kemudian, kita akan angkut ya menggunakan pesawat Garuda, rencana kami dalam waktu secepat mungkin mudah-mudahan dalam minggu depan ini kita sudah bisa realisasikan. Dan juga untuk barang-barang yang dari non-pemerintah tetap juga kita akan himpun. Mungkin nanti akan ada pengiriman dua kali, ujar Suharyanto.

Topik Menarik