Kulkas 2 Pintu atau 1 Pintu? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Kulkas 2 Pintu atau 1 Pintu? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Berita Utama | sindonews | Selasa, 26 Maret 2024 - 13:10
share

Kulkas atau lemari es merupakan salah satu perabot elektronik rumah tangga yang paling penting. Fungsinya yang dapat menyimpan bahan makanan dan minuman agar tahan lama dan tidak cepat rusak, membuat barang ini wajib ada di sudut dapur rumah tangga modern.

Memilih kulkas yang tepat terkadang menjadi hal yang cukup sukar dilakukan. Mengingat saat ini, terdapat beragam jenis kulkas dengan fitur-fitur canggih yang dapat mendukung semua kebutuhan pemiliknya, sehingga dapat berfungsi secara efektifd an efisien.

Namun begitu, beragam tipe dan model kulkas bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan rumah tangga kamu. Mulai dari ukuran, fitur, desain, warna hingga tipe. Selain itu, terdapat juga pilihan kulkas 2 pintu ataupun 1 pintu, keduanya tentu memiliki kapasitas penyimpanan yang berbeda-beda.

Artikel ini akan membahas ulasan lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan kulkas 2 pintu ataupun 1 pintu, sehingga dapat membantu kamu menentukan pilihan kulkas yang tepat. Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Kulkas 1 Pintu Sesuai namanya, kulkas 1 pintu merupakan jenis kulkas yang hanya memiliki satu pintu besar di bagian depan. Pintu ini tentunya berfungsi untuk mengakses seluruh bagian dalam kulkas.

Kapasitas kulkas 1 pintu biasanya berkisar mulai dari 50 sampai 250 liter. Tak heran, kulkas ini terbilang lebih compact dan cocok untuk ruang dapur yang cenderung lebih kecil atau ruangan dengan luasan yang terbatas.

Sifatnya yang tergolong praktis membuat kulkas 1 pintu cukup populer di kalangan keluarga Indonesia. Kulkas ini memiliki bagian pendingin dan pembeku (freezer) yang yang hanya dibatasi oleh sekat-sekat pemisah.

Kelebihan Kulkas 1 Pintu

1. Hemat Listrik Umumnya, kulkas 1 pintu hanya menggunakan daya listrik kecil, bahkan hanya 30 hingga 40 persen saja bila dibandingkan dengan kulkas 2 pintu. Hal ini dapat terjadi karena kompresor yang digunakan juga tidak terlalu besar. Dengan membeli kulkas 1 pintu, kamu dapat cukup menghemat tagihan listrik.

2. Harga Lebih Murah Kulkas 1 pintu cenderung lebih terjangkau daripada kulkas 2 pintu, sehingga cocok jikalau kamu memiliki anggaran terbatas. Misalnya saja, harga kulkas 1 pintu Sharp yang hanya dibanderol Rp1,5 - Rp1,8 jutaan.

Kekurangan Kulkas 1 Pintu

1. Penyimpanan Terbatas Ukurannya yang cenderung kecil membuat freezer kulkas 1 pintu juga tak bisa menampung bahan makanan ataupun es batu dalam jumlah banyak. kamu perlu kelihaian dalam mengemas bahan makanan agar dapat tersimpan.

2. Risiko Bunga Es Freezer jenis ini juga lebih cepat membentuk bunga es sehingga kita harus lebih rutin mencairkannya, minimal dua minggu sekali. Kalau tidak dibersihkan, bunga es yang semakin menebal tersebut akan mengambil jatah ruang dan menghambat penyimpanan makanan.

Kulkas 2 Pintu Kulkas 2 pintu memiliki dua pintu terpisah di bagian depan yang masing-masing berfungsi debagai pendingin dan pembeku (freezer). Kulkas ini biasanya menjadi pilihan bagi pemilik dapur besar.

Penggunaannya pun disesuaikan bagi mereka membutuhkan ruang penyimpanan bahan makanan dan minuman yang besar. Umumnya, kulkas 2 pintu merek apapun berukuran lebih besar dan memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih luas daripada kulkas 1 pintu.

Jika kamu perlu menyimpan bahan makanan dan minuman dalam jumlah besar, maka kulkas 2 pintu bisa jadi pilihan yang tepat. Terlebih bagi kamu yang menjalannkan bisnis kuliner, sehingga membutuhkan kapasitas lebih besar untuk menyimpan bahan baku.

Kelebihan Kulkas 2 Pintu

1. Pendingin dan Freezer yang Terpisah Letak pendingin dan freezer yang terpisah pada kulkas 2 pintu memungkinkan kamu untuk dapat mengatur suhu secara terpisah. Selain itu, pemisahan keduanya dapat membantu menghindari campuran aroma antara makanan di pendingin dan freezer. Terdapat berbagai desain yang elegan dan menarik yang dapat kamu temukan di beragam merek kulkas, salah satunya kulkas 2 pintu SHARP .

2. Tak Perlu Takut Bunga Es Kulkas 2 pintu memiliki fitur dengan teknologi terbaru yang mampu mencegah agar bunga es dalam freezer tidak terlalu cepat terbentuk. Keunggulan ini membuat kamu semakin nyaman untuk menyimpan makanan di freezer. Selain itu, beberapa model kulkas memiliki fitur untuk menghilangkan bau tak sedap, misalnya saja kulkas 2 pintu Polytron .

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan kulkas 2 pintu maupun 1 pintu. Apapun merek dan jenisnya, pilihlah kulkas yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Jika telah menjatuhkn pilihan, kamu dapat membeli kulkas semudah dalam satu genggaman, lho!

Ada Tokopedia yang hadir memenuhi kebutuhan belanja kamu. Selain praktis, belanja lewat Tokopedia juga membuka kesempatan untuk meraih berbagai promo dan diskon yang bikin kamu makin untung. Tunggu apa lagi? Belanja, ya di Tokopedia!

Topik Menarik