Wali Kota Termuda Ekuador Ditemukan Tewas Ditembak dalam Mobil, Umur Masih 27 Tahun

Wali Kota Termuda Ekuador Ditemukan Tewas Ditembak dalam Mobil, Umur Masih 27 Tahun

Berita Utama | inews | Senin, 25 Maret 2024 - 06:50
share

QUITO, iNews.id Wali kota termuda Ekuador, Brigitte Garcia, ditemukan tewas ditembak di dalam mobil bersama seorang stafnya pada Minggu (24/3/2024) pagi waktu setempat. Kematian politikus perempuan berumur 27 tahun tersebut dikonfirmasi oleh polisi negara Amerika Selatan itu.

Kepolisian Nasional Ekuador menyatakan, mereka masih menyelidiki kematian Garcia. Wali Kota San Vicente itu ditemukan tak bernyawa bersama juru bicaranya, Jairo Loor, di Provinsi Manabi. Keduanya menderita luka tembak, ungkap polisi dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Reuters.

Pada Minggu malam, aparat berwenang mengatakan, pelaku penembakan dalam menjalankan aksinya menggunakan mobil sewaan. Polisi pun berusaha melacak sistem GPS kendaraan tersebut.

Garcia adalah anggota Partai Gerakan Revolusi Warga yang dipimpin mantan Presiden Ekuador, Rafael Correa. Dalam unggahan di platform media sosial X, Correa menyebut kematian Garcia sebagai pembunuhan.

Luisa Gonzalez, calon presiden yang diusung oleh partai yang sama dalam pemilu baru-baru ini, juga menyatakan hal yang sama. Saya baru tahu mereka membunuh sesama wali kota kami di San Vicente, Brigitte Garcia. Saya tidak bisa berkata-kata, saya terkejut, tidak ada seorang pun yang selamat di Ekuador. TIDAK ADA, tulis Gonzalez dalam unggahannya.

Garcia adalah tokoh politik terbaru yang dibunuh di Ekuador. Sebelumnya, calon presiden Fernando Villavicencio juga dihabisi nyawanya pada Agustus lalu. Villavicencio sendiri dikenal sebagai kritikus yang vokal terhadap korupsi dan kejahatan terorganisasi di negara itu. Dia dibunuh saat meninggalkan acara kampanye dua minggu sebelum pemilu.

Presiden Ekuador, Daniel Noboa, mengumumkan keadaan darurat pada Januari lalu di tengah meningkatnya kekerasan yang menyebabkan gerombolan bersenjata menyerbu sebuah stasiun TV selama siaran langsung. Noboa juga menetapkan 22 kelompok kriminal sebagai organisasi teroris. Keadaan darurat tersebut diperpanjang awal bulan ini.

Dalam sebuah pernyataan, Pemerintah Ekuador mengutuk pembunuhan Garcia. Pemerintah pun berjanji untuk bekerja sama dengan polisi dan jaksa untuk memastikan pengusutan kasus ini dituntaskan dalam waktu sesingkat-singkatnya.

Topik Menarik