Pasukan Khusus Chechnya Terlibat dalam Penangkapan 4 Pelaku Penembakan Konser Musik

Pasukan Khusus Chechnya Terlibat dalam Penangkapan 4 Pelaku Penembakan Konser Musik

Berita Utama | inews | Minggu, 24 Maret 2024 - 03:45
share

GROZNY, iNews.id - Pemimpin Chechnya Ramzan Kadyrov mengerahkan pasukan khususnya untuk ikut memburu para pelaku penembakan saat konser musik di Crocus City Hall, Moskow, Sabtu (23/3/2024). Prajurit dari resimen Akhmat berperan dalam penangkapan empat terduga pelaku.

Kadyrov mengatakan, personel resimen Akhmat yang dikerahkan memang sedang bertugas di wilayah Bryansk, Rusia. Bryansk merupakan wilayah lokasi penangkapan keempat pelaku, posisinya sekitar 100 km dari perbatasan Ukraina.

"Personel Resimen Akhmat-Rusia yang ditempatkan di wilayah Bryansk dan memastikan keamanan perbatasan Rusia-Ukraina, bersama FSB (Dinas Keamanan Federal Rusia), membekuk keempat teroris yang terlibat langsung dalam penembakan banyak orang di Crocus City Hall, saat berupaya untuk melintasi perbatasan Rusia-Ukraina," kata Kadyrov, di Telegram, seperti dilaporkan kembali Sputnik.

Dia menambahkan, Komandan Distrik Militer Barat Rusia Jenderal Yevgeny Nikiforov memberikan apresiasi atas peran resimen Akhmat dalam penangkapan itu. Nikiforov juga menjanjikan mereka dengan medali atau penghargaan.

Tidak ada personel keamanan Chechnya yang terluka selama operasi penangkapan yang berlangsung dramatis tersebut.

Anggota parlemen Rusia Alexander Khinshtein sebelumnya mengatakan di Telegram, sempat terjadi pengejaran terhadap pelaku yang kabur menggunakan mobil Renault putih.

Dalam pengejaran disertai baku tembak, mobil para pelaku terbalik. Satu orang ditangkap di lokasi kejadian dan yang lainnya sempat kabur ke hutan namun dibekuk tak lama kemudian.

Saat pengejaran, tembakan dilepaskan lalu mobil terbalik. Satu teroris diamankan di tempat, sisanya kabur ke hutan. Dari hasil penggeledahan, tersangka kedua ditemukan dan ditahan sekitar pukul 03.50 waktu setempat. sedangkan yang lainnya kabur, kata Khinshtein.

Hasil penggeledahan di dalam mobil ditemukan pistol, magasin senapan serbu, serta paspor Tajikistan.

Topik Menarik