5 Materi Pesantren Kilat SD tentang Puasa, Bisa Jadi Referensi!

5 Materi Pesantren Kilat SD tentang Puasa, Bisa Jadi Referensi!

Berita Utama | inews | Minggu, 17 Maret 2024 - 00:15
share

JAKARTA, iNews.id - Materi pesantren kilat SD tentang puasa berikut bisa menjadi referensi. Saat bulan Ramadhan tiba, sejumlah lembaga memang biasa melaksanakan program pesantren kilat.

Tujuannya adalah mendidik siswa-siswi agar memiliki lebih banyak pengetahuan mengenai agama. Dalam bulan Ramadhan, akan sangat tepat untuk mengajarkan siswa-siswi materi mengenai puasa hingga amalan sunnahnya.

Adapun lima materi pesantren kilat SD tentang puasa, yang dilansir iNews.id dari berbagai sumber, Sabtu (16/3/2024), adalah sebagai berikut.

Materi Pesantren Kilat SD tentang Puasa

1. Keutamaan bulan Ramadhan dan berpuasa

Saat pesantren kilat, siswa-siswi SD perlu mengetahui keutamaan bulan Ramadhan. Tak hanya itu, keutamaan berpuasa juga perlu diketahui.

Dengan begitu, siswa-siswi tersebut dapat mengetahui esensi berpuasa, bukan sekedar tidak makan dan minum seharian.

2. Tata cara berpuasa Ramadhan dan hal-hal yang dapat membatalkannya

Berpuasa Ramadhan memiliki tata caranya sendiri yang harus diketahui. Dengan mengajarkan cara berpuasa, siswa-siswi SD dapat mempraktikannya dengan benar.

Mereka juga harus diberikan pengetahuan mengenai hal-hal yang dapat membatalkan puasa. Ilmu ini akan sangat berguna sampai mereka dewasa.

3. Niat puasa Ramadhan

Saat masih SD, berbagai tata cara beribadah perlu dikenalkan, termasuk niat puasa Ramadhan. Pasalnya, niat adalah rukun dari ibadah tersebut.

Siswa-siswi SD juga perlu diberi tahu terjemahan dari teks Arab niat puasa Ramadhan agar mengetahui maksud dari bacaan niat tersebut.

4. Tata cara tarawih dan tadarus

Tarawih dan tadarus adalah amalan sunnah yang sayang untuk dilewatkan saat bulan Ramadhan. Dengan mempelajari salat tarawih dengan benar, siswa-siswi SD dapat mempraktikkannya hingga dewasa.

Begitu pula ketika diajarkan bertadarus, siswa-siswi SD dapat sekaligus mempelajari cara membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar.

5. Keistimewaan Lailatul Qadar

Siswa-siswi SD perlu diberi pemahaman mengenai Lailatul Qadar. Dengan begitu, mereka akan melatih diri untuk memperbanyak ibadah di malam tersebut.

Selain mengetahui makna dan keutamaan Lailatul Qadar, siswa-siswi juga perlu dijelaskan mengenai ibadah yang bisa dilakukan di malam tersebut beserta tata caranya.

Itulah lima materi pesantren kilat SD tentang puasa. Semoga menginspirasi.

Topik Menarik