8 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan

8 Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan

Berita Utama | purwokerto.inews.id | Sabtu, 16 Maret 2024 - 15:20
share

PURWOKERTO, iNewsPurwokerto.id - Tips menjaga tubuh tetap sehat selama menjalankan puasa Ramadhan menjadi penting bagi umat muslim. Meski secara umum berpuasa terbukti bisa memperbaiki kondisi kesehatan, namun ada sejumlah penelitian terkait manfaat puasa, seperti yang bisa memperbaiki sistem kekebalan tubuh, menurunkan berat badan, kadar kolesterol hingga menjaga stabilitas tekanan darah.

"Ibadah puasa di bulan suci Ramadhan dapat berjalan dengan baik apabila kesehatan juga dijaga dengan baik. Puasa juga akan memperbaiki kondisi kesehatan, kekebalan tubuh, dan kebugaran, apabila dijalankan dengan tepat dan menggunakan cara yang sehat," kata Kepala Klinik Pratama Rawat Jalan Soedirman, Unsoed Purwokerto, Dokter Madya Wicaksono, M.Si dalam keterangannya, Sabtu (16/3/2024).

Dokter Madya mengungkapkan jika terdapat sejumlah hal yang perlu dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Berikut tips menjaga tubuh tetap sehat selama menjalankan puasa Ramadhan, diantaranya adalah:

Tips Menjaga Tubuh Tetap Sehat Selama Puasa Ramadhan

1. Perhatikan konsumsi air untuk mencegah dehidrasi


Dengan tubuh yang selalu terhidrasi maka akan meningkatkan fokus dan konsentrasi dalam menjalankan aktivitas, namun apa jadinya jika minum terlalu banyak. / Foto: ilustrasi/ist

Untuk mencegah dehidrasi selama berpuasa, sangat disarankan untuk tetap mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup. Air putih lebih baik daripada minuman berwarna dan berperisa. Minuman seperti teh dan kopi memiliki efek diuretik ringan, yang dapat meningkatkan produksi urine. Sementara minuman yang mengandung pemanis berlebihan dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah dan memicu rasa haus. Disarankan untuk memulai berbuka puasa dengan minum air putih terlebih dahulu, guna menggantikan cairan tubuh yang hilang selama berpuasa.

2. Mengatur pola makan supaya kecukupan gizi harian terpenuhi


Penting untuk tetap mengonsumsi karbohidrat, protein, buah, dan sayur sebagai sumber energi, vitamin, dan mineral saat berbuka dan sahur guna menjaga metabolisme tubuh. Disarankan untuk menghindari makanan berlebihan saat berbuka puasa agar tidak menimbulkan lonjakan glukosa darah dan masalah lambung. Selain itu, batasi asupan garam berlebihan untuk mencegah peningkatan tekanan darah.

3. Menjaga kuantitas dan kualitas tidur dalam sehari

Tidur yang berkualitas dan cukup memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesehatan secara keseluruhan. Seseorang yang mengalami gangguan tidur dapat mengalami perubahan mood yang negatif, kelelahan, dan penurunan sistem kekebalan tubuh. Selama menjalankan ibadah puasa, penting untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan tidur yang cukup baik kualitas maupun jumlahnya agar tetap sehat selama bulan puasa. Sebagai orang dewasa, Anda membutuhkan waktu tidur antara 6 hingga 8 jam setiap harinya. Oleh karena itu, selama berpuasa, Anda dapat menyesuaikan jadwal tidur dengan rutinitas sahur. Tidur di siang hari juga dapat menjadi alternatif untuk menjaga jumlah waktu tidur yang cukup dalam sehari.

4. Berolahraga supaya kebugaran tubuh tetap terjaga


Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

Selama berpuasa, seseorang masih dapat melakukan olahraga dengan tetap memperhatikan pengendalian waktu dan intensitasnya. Olahraga ringan seperti jogging atau bersepeda dapat dilakukan sesuai dengan kemampuan individu, kapanpun diinginkan. Membiasakan diri untuk berolahraga setiap hari selama 30 menit selama bulan puasa telah terbukti dapat meningkatkan kebugaran dan kekebalan tubuh. Pilihan olahraga yang dapat dilakukan termasuk olahraga aerobik seperti berlari, bersepeda, atau senam. Selain itu, olahraga anaerobik seperti angkat beban dan plank juga dapat dilakukan untuk menjaga kekuatan otot.

5. Menjaga kesehatan gigi dan mulut


Jangan Abaikan Sikat Gigi Malam Hari Sebelum Tidur, Kalau Tidak Mau Seperti Ini ( Foto : Istimewa)

Seringkali, masalah kesehatan rongga mulut diabaikan saat berpuasa. Dampaknya bisa berupa bau mulut yang tidak sedap dan sakit gigi. Untuk menjaga kesehatan rongga mulut, penting untuk menggosok gigi secara teratur setelah berbuka, setelah sahur, dan sebelum tidur. Jika ada keluhan, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter gigi agar masalah tersebut dapat diatasi.

6. Mempertahankan pola hidup bersih dan sehat


Ilustrasi (Foto : Medicaldialy)

Pandemi Covid-19 telah memberikan pelajaran penting untuk menjalani gaya hidup sehat, seperti rajin mencuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak ketika sedang sakit pada saluran pernapasan. Kebiasaan baik ini juga sangat penting untuk diterapkan selama bulan puasa. Pastikan untuk selalu mencuci tangan, terutama sebelum berbuka puasa dan makan sahur. Dengan menjaga kebersihan diri, kita dapat mencegah berbagai penyakit infeksi, termasuk infeksi saluran pencernaan dan pernapasan.

7. Menyesuaikan waktu konsumsi obat apabila diperlukan

Jika sedang menjalani pengobatan, penting untuk tetap minum obat sesuai resep. Obat-obatan seperti obat tuberkulosis, antibiotik, dan obat rutin lainnya harus terus dikonsumsi agar terapi berjalan dengan baik. Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter yang merawat Anda jika sedang menjalani pengobatan penyakit tertentu, agar jadwal minum obat dapat disesuaikan dengan waktu berpuasa. Penggunaan suplemen seperti vitamin umumnya aman selama berpuasa, namun sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter mengenai jenis suplemen yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

8. Mengunjungi fasilitas layanan kesehatan apabila mengalami masalah kesehatan

Jika Anda mengalami masalah kesehatan selama berpuasa, segera kunjungi fasilitas layanan kesehatan untuk mendapatkan konsultasi dan pengobatan yang diperlukan. Sebab, masalah kesehatan dapat timbul kapanpun.

Itulah tips menjaga tubuh tetap sehat selama menjalankan puasa Ramadhan. Semoga informasi ini bermanfaat dan Anda tetap bisa menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan.

Topik Menarik