Menpora Percepat Cyrus Margono Ambil Sumpah WNI, Main Lawan Vietnam?

Menpora Percepat Cyrus Margono Ambil Sumpah WNI, Main Lawan Vietnam?

Berita Utama | inews | Kamis, 29 Februari 2024 - 22:00
share

JAKARTA, iNews.id Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo bakal membantu Cyrus Margono untuk segera mengambil sumpah Warga Negara Indonesia (WNI). Meski demikian sang pemain belum tentu masuk skuad Timnas Indonesia.

Cyrus Margono saat ini bermain untuk Klub Yunani, Panathinaikos B. Kiper berusia 22 tahun itu lahir di Amerika Serikat.

Namun dirinya memiliki ayah dari Bali dan besar di Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Kemudian sang ibu berasal dari Iran.

Dengan demikian Cyrus Margono saat ini memiliki kesempatan untuk membela tiga tim nasional yakni Iran, Amerika Serikat, dan Indonesia. Namun, dia mengaku sangat menginginkan untuk bisa membela Timnas Indonesia.

Tapi Cyrus Margono jadi WNI bukan dari jalur naturalisasi. Penjaga gawang berpostur 191cm itu memakai jalur Surat Keterangan Keimigrasian (SKIM) yang secara syarat dipenuhi olehnya.

Menpora Dito mengatakan dirinya sudah bertemu dengan ayah Cyrus Margono. Menteri berusia 33 tahun itu menjelaskan pihaknya sampai saat ini terus mendampingi dan mengupayakan agar proses pengambilan sumpah WNI pemain berusia 22 tahun itu bisa segera terlaksana.

Cyrus saya sudah bertemu juga dengan bapaknya, kata Menpora Dito, Kamis (29/2/2024).

Kalau beliau ini bukan naturalisasi, hanya pemberian warga negara karena umurnya masih cukup syarat. Ini sudah saya cek, sudah ada di Setneg dan ini Insyaallah akan segera disetujui, sedang kami dampingi juga, sambungnya.

Kemarin kami sedang koordinasi juga antara Setneg dan Kemenkumham. Ini akan segera kita update selanjutnya, terang Menpora Dito.

Jika menilik proses Cyrus Margono, hal ini serupa seperti Elkan Baggott. Pasalnya, pemain Bristol Rovers itu tidak lewat proses naturalisasi melainkan langsung dilakukan proses pengambilan sumpah WNI.

Meski begitu belum diketahui apakah Shin Tae-yong akan memakai jasanya nanti. Terdekat Timnas Indonesia akan jumpa Vietnam pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 pada 21 dan 26 Maret.

Topik Menarik