Joe Biden Selesai Jalani Pemeriksaan Kesehatan, Ini Hasilnya

Joe Biden Selesai Jalani Pemeriksaan Kesehatan, Ini Hasilnya

Berita Utama | inews | Kamis, 29 Februari 2024 - 09:18
share

WASHINGTON, iNews.id - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dinyatakan cukup sehat untuk bertugas berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan rutin, Rabu (28/2/2024). Dalam memonya, Kevin O'Connor, dokter pribadi Biden, mengungkap sang presiden mengalami masalah gigi tahun lalu dan sedang menjalani perawatan karena sleep apnea atau gangguan tidur akibat masalah pernapasan.

"Presiden baik-baik saja dan pemeriksaan tahun ini tidak menunjukkan adanya kekhawatiran baru. Dia sehat untuk bertugas dan bisa sepenuhnya menjalankan semua tanggung jawab tanpa kecuali atau bantuan apa pun," kata O'Connor, dalam memo, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (29/2/2024).

O'Connor menjelaskan Biden juga mengalami neuropati perifer (mati rasa) pada kedua kaki, refluks gastroesofagus (gangguan pencernaan akibat asam lambung), alergi, serta radang sendi tulang belakang. Namun semua penyakit itu bisa dintangani dengan pemberian obat.

Biden menjalani pemeriksaan kesehatan rutin di rumah sakit militer pinggiran Kota Maryland pada Rabu pagi waktu setempat. Dia menegaskan siap menjalani pemeriksaan tersebut.

Pemeriksaan ini berlangsung di tengah kekhawatiran banyak pihak mengenai kondisi kesehatan pria 81 tahun itu menjelang Pilpres AS
2024. Kesehatan sang presiden semakin mendapat perhatian tahun ini terkait pencalonannya kembali yang kemungkinan besar akan berhadapan dengan Donald Trump.

Biden menjalani pemeriksaan rutin tersebut selama beberapa jam. Usai diperiksa, pria 81 tahun itu mengatakan hasilnya tidak berbeda dengan tahun sebelumnya.

Tidak ada yang berbeda dibandingkan tahun lalu. Semuanya bagus, kata Biden, sekembalinya ke Gedung Putih.

Tahun lalu dokter juga menyatakan Biden sehat dan layak untuk bertugas. Saat itu dia menjalani pengangkatan semacam luka di dada serta dinyatakan bebas dari gejala Covid-19 setelah terinfeksi pada 2022.

Topik Menarik