Menag Yaqut Upayakan Akan Berangkatkan Calhaj Jateng dari BIJB Kertajati

Menag Yaqut Upayakan Akan Berangkatkan Calhaj Jateng dari BIJB Kertajati

Berita Utama | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 16:28
share

MAJALENGKA- Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily, sebut keberadaan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati permudah pelayanan haji bagi masyarakat Jabar bagian utara.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Agama, Yaqut Kholil Qoumas akan upayakan jemaah calon haji (calhaj) Jateng juga berangkat melalui BIJB Kertajati.

Resmi difungsikan, BIJB Kertajati berangkatkan sekira 374 jemaah calhaj kemarin malam (28/5/2023)..

Dihadiri sejumlah pejabat mulai menteri, Komisi VIII DPR RI, Gubernur Jabar dan lainnya, BIJB Kertajati digadang-gadang akan berangkatkan jemaah calhaj Jateng bagian barat khususnya.

Ace Hasan Syadzily didampingi sejumlah anggota komisi VIII lainnya mengatakan, keberadaan BIJB Kertajati bukan hanya mendekatkan melainkan mempermudah jemaah calhaj di Jawa Barat, khususnya bagian utara.

"Yang selama ini masyarakat Jawa Barat harus berangkat ke Jakarta, sekarang khususnya masyarakat Jabar bagian utara didekatkan ke Bandara Kertajati," katanya, Minggu (28/5/2023).

Dengan dilepasnya jemaah calhaj dari dua asrama di Indramayu menjadikan fasilitas dan pelayanan ibadah haji di Jawa Barat terus meningkat dan semakin baik.

Selain itu, Ace juga berharap BIJB Kertajati dapat difungsikan secara maksimal baik kuantiti penumpang dan lainnya.

"Semoga BIJB dapat difungsikan secara maksimal dan frekuensi penerbangan lebih banyak lagi," katanya.

Menanggapi harapan dari Ace, Menteri Agama, Yaqut Kholil Qoumas mengungkapkan, akan mengupayakan pemberangkatan haji bagi jemaah calhaj dari Jawa Tengah bagian barat akan diarahkan ke BIJB Kertajati.

"Karena lebih dekat ke sini daripada ke Solo jadi mungkin bisa nanti diobrolkan dengan Pak Dirjen supaya direkayasa bagaimana adanya ini (BIJB) juga bukan hanya dimanfaatkan oleh calhaj Jabar, dan penerbangan-penerbangan umroh bisa dimulai dari sini (BIJB) Kertajati," tutupnya.***

Topik Menarik