Penyebab Gempa M6,2 Jember, Dipicu Adanya Patahan Batuan di Zona Outerise

Penyebab Gempa M6,2 Jember, Dipicu Adanya Patahan Batuan di Zona Outerise

Berita Utama | BuddyKu | Selasa, 6 Desember 2022 - 14:45
share

JEMBER - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan adanya gempa bumi dengan magnitudo 6,2 mengguncang Kabupaten Jember, Jawa Timur pada Selasa (6/12/2022).

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 10,75 Lintang Selatan (LS); 113,42 Bujur Timur (BT) atau tepatnya berlokasi 284 Kilometer barat daya Jember dengan kedalaman 10 kilometer.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengatakan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya deformasi/patahan batuan di zona outerise.

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault)," kata Daryono dalam keterangannya, Selasa (6/12/2022).

Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Jember, Gubukmas, Mataram, Kepanjen, dan Sumberpucung dengan skala intensitas III MMI, daerah Kuta dan Kuta Selatan dengan skala intensitas II-III MMI

Kemudian daerah Madiun, Ponorogo, Bantul, Yogyakarta, Sawahan, Klaten, Banyuwangi, dan Karangasem dengan skala intensitas II MMI. Meski demikian, BMKG memastikan gempa bumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 13.30 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya dua aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan kekuatan terbesar M4,6.

Daryono mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," pungkasnya.

Topik Menarik