Piala Dunia Qatar Torehkan Banyak Rekor dalam Sejarah, Apa Saja Itu?

Piala Dunia Qatar Torehkan Banyak Rekor dalam Sejarah, Apa Saja Itu?

Berita Utama | BuddyKu | Minggu, 4 Desember 2022 - 15:00
share

DOHA, iNews.id - Piala Dunia Qatar 2022 telah mencatatkan rekor kehadiran tertinggi yang pernah ada dalam sejarah turnamen sepak bola global itu. Sampai hari ini, kehadiran penonton laga Piala Dunia di stadion-stadion negara Arab itu telah menembus 2,45 juta orang.

Sebuah laporan yang diterbitkan oleh FIFA di portal Qatar 2022 menunjukkan, setelah melewati 13 hari dan 48 pertandingan, Piala Dunia Qatar telah mencapai rekor jumlah penonton. Rata-rata keterisian stadion mencapai 96 persen, lebih tinggi dari angka total 2,17 juta penonton yang tercatat selama Piala Dunia Rusia 2018.

Jumlah penonton tertinggi dalam sejarah Piala Dunia sejak final 1994 juga tercatat di Stadion Lusail, Qatar, tatkala 88.966 penggemar menyaksikan pertandingan Argentina vs Meksiko Sabtu (26/11/2022) pekan lalu.

Menurut para analis, salah satu faktor yang menarik dalam edisi Piala Dunia tahun ini adalah bahwa tim-tim dari semua benua sukses melaju ke Babak 16 Besar. Peristiwa ini juga menjadi yang pertama sepanjang sejarah Piala Dunia.

Tiga tim dari kawasan Asia-Pasifik, yaitu Australia, Jepang, dan Korea Selatan, berhasil mencapai babak sistem gugur. Padahal, sebelumnya kawasan itu paling banyak hanya memiliki dua perwakilan yang mampu menembus Babak 16 Besar, yaitu pada 2002 dan 2010.

Yang tak kalah luar biasa adalah, pada Piala Dunia tahun ini terdapat dua tim Afrika, yaitu Senegal dan Maroko, yang juga sukses mencapai babak sistem gugur. Kesempatan terakhir seperti itu terjadi pada 2014.

"Hasil babak grup menunjukkan sejauh mana lebih banyak negara telah memperoleh alat untuk bersaing di level tertinggi," kata Kepala Pengembangan Sepak Bola Global FIFA, Arsene Wenger, dalam sebuah pernyataan pada Minggu (4/12/2022).

"Ini adalah hasil dari persiapan dan analisis lawan yang lebih baik, yang juga merupakan cerminan dari akses teknologi yang lebih setara. Ini sangat sejalan dengan upaya FIFA untuk meningkatkan daya saing sepak bola dalam skala global," ujarnya.

Satu rekor yang sangat luar biasa juga dibuat oleh legenda sepak bola Portugal, Cristiano Ronaldo. Dia menjadi pemain pertama dalam sejarah yang mencetak gol di lima edisi Piala Dunia.

Sejarah juga dibuat oleh Stephanie Frappart, yang menjadi wasit perempuan pertama yang memimpin pertandingan Piala Dunia FIFA. Bersama dengan Neuza Back dan Karen Daz Medina, ketiga orang itu membentuk trio perempuan pertama yang mengawasi jalannya laga Piala Dunia.

Piala Dunia Qatar dimulai sejak 20 November lalu, dan akan berlangsung hingga 18 Desember nanti.

Topik Menarik