3 Penyebab Kamu Mudah Kena Flu Saat Musim Pancaroba

3 Penyebab Kamu Mudah Kena Flu Saat Musim Pancaroba

Berita Utama | BuddyKu | Rabu, 30 November 2022 - 06:55
share

GenPI.co - Flu atau influenza ialah penyakit infeksi virus yang menyerang saluran pernapasan. Penyakit ini lebih umum ditemui saat peralihan musim meski juga bisa terjadi sepanjang tahun.

Peralihan musim atau juga disebut pancaroba biasanya ditandai oleh keadaan udara yang tidak menentu, perubahan cuaca tiba-tiba, dan berangin kencang.

Meski begitu, terdapat beberapa alasan utama yang menyebabkan flu saat musim pancaroba lebih sering kamu alami.

Virus lebih tahan pada udara dingin dan kering

Studi dalam jurnal Viruses (2016) menyebutkan bahwa suhu udara yang lebih dingin dan kering akan meningkatkan risiko sejumlah infeksi virus, termasuk influenza.

Virus influenza merupakan penyebab utama flu. Virus ini akan menggandakan diri dan menginfeksi saat bersentuhan dengan selaput lendir pada hidung atau tenggorokan.

Kondisi selaput lendir yang kering pada selama pergantian musim ini juga memungkinkan virus untuk lebih cepat masuk ke dalam tubuh.

Sistem kekebalan tubuh melemah

Flu akibat perubahan cuaca juga bisa terjadi akibat sistem kekebalan tubuh yang melemah. Hal ini dikarenakan udara dingin dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

Sel darah putih kemungkinan sulit menyebar ketika pembuluh darah menyempit. Akibatnya, sel darah putih lebih lama mencapai selaput lendir dan melawan virus influenza.

Sebaliknya, sistem imum akan sibuk bereaksi pada alergen saat beralih ke musim kemarau. Kondisi ini juga membuat tubuh lebih rentan terhadap serangan virus.

Lebih sering beraktivitas dalam ruangan

Cuaca yang kadang hujan dan berangin kencang juga membuat kamu lebih sering beraktivitas dalam ruangan. Kondisi inilah yang menyebabkan lebih rentan flu saat pancaroba.

Berada di dalam ruangan (indoor) dalam waktu yang lama dan kontak fisik dengan lebih banyak orang tentu akan memudahkan penularan virus influenza.

Seperti diketahui, virus flu bisa menular melalui udara, kontak erat dengan pengidap flu, dan sentuhan dengan permukaan benda yang terpapar virus. (hellosehat)

Simak video berikut ini:

Topik Menarik