Jajagi Koalisi dengan Demokrat dan PKS, PDIP KBB Tak Ngotot Harus Nomor Satu

Jajagi Koalisi dengan Demokrat dan PKS, PDIP KBB Tak Ngotot Harus Nomor Satu

Terkini | bandungraya.inews.id | Selasa, 30 April 2024 - 14:10
share

BANDUNG BARAT,iNewsBandungRaya.id - Mendekati pelaksanaan Pilkada Kabupaten Bandung Barat (KBB) 2024, partai politik semakin intens menjajagi komunikasi untuk koalisi. Pasalnya tidak ada satu partai di KBB yang bisa mengusung calon bupati tanpa berkoalisi dengan partai lain.

Seperti yang dilakukan oleh DPC PDI Perjuangan (PDIP) KBB yang sedang menjajagi komunikasi dengan partai lain untuk berkoalisi. Ini mengingat PDIP di KBB pada Pileg 2024 hanya mendapatkan lima kursi, sehingga harus mencari partai lain untuk bisa mengusung calon bupati/wakil bupati.

"Komunikasi sudah dilakukan, untuk penjajagan koalisi. Seperti dengan Partai Demokrat dan PKS," kata Ketua DPC PDIP KBB, Ida Widaningsih saat ditemui, Selasa (30/4/2024).

Ida menjelaskan meskipun belum dalam tahap finalisasi koalisi, namun dari hasil komunikasi nanti bisa diketahui arah masing-masing partai. Sehingga ketika ada kesamaan tujuan dalam Pilkada maka komunikasi yang terbangun bisa dipermanenkan dalam bingkai koalisi.

Terkait apakah PDIP akan mengusulkan calon untuk figur bupati atau wakil bupati, Ida menyebutkan tidak akan terpaku pada satu posisi. Sebab hal itu harus juga mempertimbangkan suara partai koalisi termasuk figur yang muncul di masing-masing partai.

"Soal posisi bupati atau wakil liat nanti, kalau misalnya figur dari PDIP suaranya di atas figur yang ada di partai koalisi bisa saja PDIP nomer satu. Sebaliknya kalau dibawah mungkin figur dari PDIP di posisi dua (wakil)," sebutnya.

Disinggung soal proses penjaringan bakal calon dari PDIP, Ida menyebutkan sudah selesai dilakukan. Total ada 12 kandidat yang mengambil formulir pendaftaran namun yang mengembalikan berkas hanya 10 kandidat.

Nama-nama tersebut sudah diserahkan dan sedang dikaji oleh DPD PDIP Jabar sebelum diserahkan ke DPP PDIP. "Hanya ada 10 bakal calon yang menyerahkan kembali berkas pendaftaran penjaringan di DPC PDIP KBB. Dua orang tidak mengembalikan dan mengundurkan diri, salah satunya Pa Hengki Kurniawan," ucapnya.

Mereka yang ikut daftar penjaringan dan mengembangkan berkas pada penjaringan bakal calon bupati/wakil bupati dari PDIP KBB berasal dari kader partai maupun eksternal. Seperti Pamriadi, Taopikurohman, Dodi Sopandi, Apung Hadiat Purwoko, Asep Ilyas, Rahmat Adang Syafaat, Dansah Widansah, Gagan Wirahma, dan Hasanudin. (*)

Topik Menarik