KSAD Hadiri Panen Raya Padi di Subang, TNI Wujudkan Ketahanan Pangan Nasional

KSAD Hadiri Panen Raya Padi di Subang, TNI Wujudkan Ketahanan Pangan Nasional

Terkini | bandungraya.inews.id | Kamis, 18 April 2024 - 18:40
share

SUBANG, iNewsBandungRaya.id - KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dan Pangkostrad Letjen TNI Muhammad Saleh Mustafa melaksanakan panen raya padi di Kabupaten Subang, Kamis (18/4/2024). Pengelolaan lahan pertanian oleh TNI AD bertujuan untuk menanam padi merupakan upaya TNI mewujudkan ketahanan pangan nasional.

Dalam kegiatan itu, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Mohammad Fadjar mendampingi KSAD dan Pangkostrad. Kedatangan KSAD di Helipad PT Sang Hyang Seri (SHS) Sukamandi Subang disambut oleh Pangkostrad, Pangdam III/Siliwangi, Kapolda Jabar Irjen Pol Akhmad Wiyagus, Dirjen TP Kementan, PJU Kostrad, Pj Bupati Subang, dan Dirut PT SHS.

KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak mengatakan, kegiatan panen raya padi merupakan wujud dari kerja nyata prajurit di satuan jajaran TNI AD dalam mengelola lahan-lahan pertanian.

Jajaran TNI AD bekerja sama dengan seluruh stakeholder di wilayah untuk menyukseskan program pemerintah dalam mengantisipasi kemungkinan krisis pangan, kata KSAD.

Jenderal TNI Maruli menyatakan, program yang telah dilaksanakan TNI AD merupakan tindak lanjut dari perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membantu menyejahterakan masyarakat dengan cara mengoptimalkan lahan-lahan kosong untuk ditanam dengan tanaman pangan.

Terkait pemanfaatan lahan tidur, seluruh satuan jajaran TNI AD telah melakukan upaya untuk mengoptimalkan dan menghidupkan lahan kosong untuk ditanam berbagai tanaman pangan dan hasilnya harus dapat dirasakan oleh prajurit dan masyarakat sekitarnya, ujar Jenderal TNI Maruli.

KSAD menuturkan, program ketahanan pangan Kostrad merupakan upaya dalam penanggulangan stunting. Karena padi yang ditanam dipilih yang mengandung nutrizinc sehingga dapat mencegah stunting.

Apa yang dilakukan TNI AD merupakan upaya untuk mengatasi kesulitan masyarakat. TNI harus hadir di tengah-tengah masyarakat yang sedang kesulitan, serta bisa menjadi solusi dengan aksi yang langsung menyentuh dalam pemecahan persoalan di masyarakat, termasuk persoalan stunting, tutur KSAD.

Jenderal TNI Maruli Simanjuntak menegaskan, di manapun prajurit TNI berada dan bertugas akan selalu siap membantu kesulitan masyarakat.

Sebagaimana tertuang dalam Tujuh Perintah Harian Kasad yang menyebut Angkatan Darat harus menjadi solusi atas setiap kesulitan yang dihadapi masyarakat apa pun bentuknya, ucap Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Kepada awak media, KSAD secara khusus menegaskan bahwa evaluasi pada panen raya di Subang akan menjadi modal dalam rangka untuk meningkatkan hasil panen selanjutnya maupun produktivitas pangan ditempat lain agar mencapai hasil yang lebih optimal.

Kita percayakan kepada pemerintah bagaimana mengelola pangan supaya tetap tersedia bahan pangan yang bisa terjangkau sehingga tidak sampai impor beras, ujar KSAD.

Topik Menarik