PSM Makassar Buka Peluang Championship Series, Libas PSIS Semarang di Batakan

PSM Makassar Buka Peluang Championship Series, Libas PSIS Semarang di Batakan

Olahraga | balikpapan.inews.id | Selasa, 16 April 2024 - 23:20
share

BALIKPAPAN, iNewsBalikpapan.id – PSM Makassar menang 3-1 atas PSIS Semarang pada pekan ke-31 Liga 1 di Stadion Batakan, Balikpapan, Selasa (16/4/2024) malam WIB. Jalan Juku Eja ke Championship Series terbuka.

Kemenangan itu membuat PSM menjaga asa untuk lolos ke babak champinships series. Saat ini sang juara bertahan duduk di peringkat sembilan dengan jarak enam angka dari PSIS yang berada di batas zona empat besar. Namun, Taisei Marukawa dkk terancam turun dari posisi keempat jika Madura United mampu meraih kemenangan pekan ini.

PSIS mendominasi penguasaan bola di menit-menit awal, sedangkan PSM lebih banyak menunggu dan memanfaatkan serangan balik. Pada menit sembilan, tim tuan rumah mengancam lewat tendangan jarak jauh Yakob Sayuri yang mengarah tepat ke pelukan Rizky Darmawan.

Dua menit berselang, gantian Victor Mansaray yang menebar ancaman di lini pertahanan tim tamu lewat sebuah skema serangan balik cepat. Sayangnya, tendangan keras yang dilpeaskannya dari kotak penalti masih menyamping tipis di sisi kiri gawang.

Keasyikan menyerang, Juku Eja malah kebobolan pada menit 29 oleh agol Tri Setiawan. Sebuah aksi individu ciamik ditampilkan Taisei Marukawa untuk menusuk ke dalam kotak penalti sebelum kemudian melepaskan umpan tarik yang disambar dengan apik oleh Tri.

Pada menit 33, PSM hampir menyamakan kedudukan, tetapi sepakan Mansaray dari jarak dekat malah membentur mistar gawang. Setelah itu, tempo pertandingan menurun.

Terus menekan, PSM mendapatkan peluang emas pada menit 43 lewat kerjasama apik Daffa Salman dan Adilson Silva. Akan tetapi, Daffa menendang bola terlalu lemah ketika berhadapan langsung dengan kiper sehingga bola bisa ditangkap dengan mudah. Skor 1-0 untuk keunggulan PSIS pun bertahan hingga turun minum.

PSM kembali mengambil inisiatif menyerang begitu babak kedua dimulai. Mereka mengancam di menit-menit awal lewat sepakan Yakob Sayuri dan Muhammad Arfan, tetapi Rizky Darmawan lagi-lagi bisa menangkapnya dengan baik.

kesalahan fatal dibuat oleh PSIS tepatnya menit ke-58. Paulo Gali salah mengoper dan malah memberikan bola pada Kenzo Nambu sehingga pemain asal Jepang itu terpaksa dilanggar di dekat kotak penalti. Kenzo pun sukses mengonversi tendangan bebasnya menjadi gol sehingga membuat PSM menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Dua menit kemudian, Laskar Mahesa Jenar kembali membuat error di lini belakang. Bola yang direbut oleh Yakob Sayuri pun langsung ditendang dengan keras ke pojok atas kanan gawang dan tak mampu dijangkau oleh Reza. Alhasil, tim asuhan Bernardo Tavares berbalik unggul 2-1.

Pada menit 83, Yakob Sayuri berhasil menorehkan gol keduanya dalam laga ini untuk membuat PSM menjauh dengan keunggulan 3-1. Pemain Timnas Indonesia itu melakukan aksi individu hingga menggocek kiper lawan sebelum mengantarkan bola masuk ke gawang.

Jual beli serangan terus terjadi di menit-menit akhir, tetapi tak ada gol lagi yang tercipta hingga peluit panjang dibunyikan. PSM pun sukses mengantongi kemenangan atas PSIS dengan skor 3-1.

Berikut adalah susunan pemain PSM vs PSIS:

PSM (3-4-3): Reza Arya Pratama; Yuran Fernandez, Safrudin Tahar, Daffa Salman; Yakob Sayuri, Akbar Tanjung, Muhammad Arfan, Yance Sayuri; Adilson Silva, Kenzo Nambu, Victor Mansaray.

Cadangan: Muhammad Ardiansyah, Erwin Gutawa, Ananda Raaehan, Ricky Pratama, Rasyid Bakri, Andy Harjito, Rizky Eka Pratama, Joao Predro, Muhammad Mufli Hidayat, Ze Paulo.

Pelatih: Bernardo Tavares

PSIS (4-3-3): Rizky Darmawan; Fredyan Wahyu, Wahyu Prasetyo, Lucao, Haykal Alhafiz; Evan Dimas Darmono, Tri Setiawan, Boubakary Diarra; Paulo Gali Freitas, Taisei Marukawa, Septian David Maulana.

Cadangan: Barnabas Sobor, Gian Zola, Riyan Ardiansyah, Giovani Numberi, Debby Liana, Syiha Buddin, Azyah Nur Faizin Madilesa, Husein Akbar Al Fauzi, Basajum Latuconsina.

Pelatih: Gilbert Agius

Topik Menarik