Digitalisasi Usaha: Fondasi Menuju Ekonomi Maju

Digitalisasi Usaha: Fondasi Menuju Ekonomi Maju

Ekonomi | medan.inews.id | Minggu, 17 Maret 2024 - 09:24
share

MEDAN, iNewsMedan.id - Kementerian Kominfo melalui Ditjen APTIKA bekerjasama dengan Komisi I DPR RI mengadakan seminar Literasi Digital bertajuk Digitalisasi Usaha untuk Ekonomi Maju, di Hotel Amanda Medan, Sumatera Utara, Senin, (12/2/2024).

Digitalisasi usaha merupakan suatu langkah penting dalam meningkatkan daya saing ekonomi suatu negara. Dengan adanya digitalisasi, usaha-usaha dapat mengoptimalkan proses produksi dan distribusi, sehingga dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Dengan adanya teknologi, usaha dapat mengotomatiskan banyak proses yang sebelumnya dilakukan secara manual. Hal ini dapat menghemat waktu dan biaya, sehingga usaha dapat menghasilkan produk dengan biaya yang lebih rendah dan dalam waktu yang lebih singkat," ucap Meutya Hafid selaku narasumber dalam seminar tersebut.

Ketua Komisi I DPR RI tersebut juga menambahkan bahwa digitalisasi juga memungkinkan usaha untuk menyesuaikan produk dan layanan dengan kebutuhan konsumen secara lebih tepat, sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan loyalitas pelanggan.

Menyetujui pendapat Meutya Hafid, Windi Septia selaku Founder Teri Bajak juga menjelaskan bahwa, digitalisasi menawarkan banyak kemudahan-kemudahan yang dapat dimanfaatkan dengan optimal bagi pelaku usaha.

Dengan memanfaatkan teknologi yang ada, digitalisasi usaha dapat menjadi salah satu kunci dalam mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," ucapnya.

Saya sendiri sudah merasakan manfaanya, maka dari itu mari bersama-sama mendorong penggunaan teknologi digital dalam usaha, sehingga kita dapat bersama-sama membangun ekonomi yang maju, inklusif, dan berkelanjutan untuk masa depan yang lebih baik," tambahnya.

Seorang Influencer dan Content Creator, Sylvi Dhea Angesti juga mengatakan, dalam upaya memajukan ekonomi menuju arah yang lebih maju, digitalisasi usaha merupakan langkah yang sangat penting.

Pemerintah juga sudah berperan aktif dalam menciptakan kebijakan yang mendukung digitalisasi usaha, seperti memperluas akses internet, menyediakan pelatihan keterampilan teknologi informasi, dan berbagai kebijakan lainnya. Mari bersama-sama memanfaatkan privilege tersebut," ucapnya.

Topik Menarik