Seru! Solo Menari 2024 Jadikan Surakarta sebagai Kota Kreatif dengan Ikon Seni Budaya 

Seru! Solo Menari 2024 Jadikan Surakarta sebagai Kota Kreatif dengan Ikon Seni Budaya 

Travel | inews | Selasa, 30 April 2024 - 20:42
share

JAKARTA, iNews.id - Pariwisata di Solo memiliki daya pikat tersendiri bagi wisatawan. Apalagi dengan diselenggarakan atraksi Solo Menari, kota yang dikenal dengan batiknya ini makin dikenal wisatawan mancanegara.

Ya, acara puncak penutupan Solo Menari 2024 sukses dihelat di Balai Kota Solo pada Senin malam 29 April 2024. Acara penutupan menampilkan penyanyi Endah Laras dan musisi yang berkolaborasi dengan beberapa penari dari berbagai kota di Indonesia.

Para penari dengan lincah nan gemulai masuk ke panggung. Kaki dan tangan bergerak mengikuti irama, menandai dimulainya suguhan utama tarian massal "Animal Movement". Melalui tarian massal ini Solo Menari ingin menebarkan semangat dan kekaguman terhadap kesenian tari yang menjadi akar budaya Kota Solo.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta, Aryo Widyandoko, mengatakan para pelaku seni dan pekerja seni di Solo perlu menjaga semangat dan kualitas kegiatan di tahun-tahun mendatang. Dengan harapan dapat semakin menggelorakan semangat tari di Surakarta, bahkan di seluruh Indonesia.

Lewat ajang Solo Menari yang telah masuk dalam kalender Karisma Even Nusantara, diharapkan menjadi gelora semangat tari yang ada di seluruh Indonesia, ujarnya.

Sebagai pagelaran yang berusaha melestarikan seni budaya bangsa, Heru Mataya, Sang Kreator Solo Menari 2024 berharap ajang Solo Menari ini menjadi program yang berkelanjutan. Dengan berbagai langkah strategi yakni dengan mengembangkan sistem Membership of Solo Menari dari beragam stakeholders dan masyarakat umum.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menguatkan masyarakat pendukung Solo Menari. Dia menambahkan, kekayaan seni tari bangsa Indonesia harus dilestarikan dan dikembangkan agar generasi muda tetap merasa bangga dengan seni tari yang tumbuh di lingkungan masyarakat.

Jangan sampai seni tari tergerus arus globalisasi, tuturnya.

Gibran Rakabuming Raka dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno turut hadir menyaksikan pentas tari Solo Menari 2024 yang bertepatan dengan peringatan Hari Tari Sedunia yang jatuh pada 29 April 2024.

Di kesempatan tersebut Sandiaga Uno menyampaikan, terselenggaranya Solo Menari akan memberi dampak terhadap geliat ekonomi serta seni budaya yang ada di Kota Solo. Kita harapkan ke depan Kota Solo bisa menjadi inspirasi seni budaya yang menjadi tulang punggung perekonomian warga, dan semangat wisatawannya semakin meningkat ke depan, katanya.

Penyelenggaraan Solo Menari 2024 menurutnya akan meneguhkan kota solo sebagai kota kreatif UNESCO yang merupakan satu-satunya di Indonesia. Sandiaga berharap Kota Solo bisa lebih banyak menyelenggarakan event-event budaya lainnya.

Ajang solo menari 2024 ini digelar di tiga titik lokasi yang ada di Solo, di antaranya, Taman Sriwedari, Solo Safari dan Balai Kota. Acara tersebut menyuguhkan pesona tari tradisional dan kontemporer dalam sebuah pertunjukan spektakuler. Acara pembukaan Solo Menari di Taman Sriwedari menampilkan tarian kolosal dari 200 penari yang memerankan karakter binatang.

Gelaran Solo Menari merupakan satu dari empat event Kota Solo yang masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024, yaitu Grebeg Sudiro, Solo Menari, Solo Keroncong Festival, dan International Mask Festival. KEN 2024 tahun ini mengusung tema Budaya Indonesia, di mana sebanyak 110 event terangkum dalam KEN 2024 tersebar di seluruh Indonesia.

Topik Menarik