Viral, Makan Bulu Babi Disebut Haram oleh Netizen, seperti Apa Kelezatannya?

Viral, Makan Bulu Babi Disebut Haram oleh Netizen, seperti Apa Kelezatannya?

Travel | inews | Senin, 8 April 2024 - 16:31
share

JAKARTA, iNews.id - Belakangan ini viral di media sosial seseorang menyantap bulu babi. Hal ini bermula saat kreator konten Tanah Air, Medy Rendy dihujat netizen saat mengonsumsi bulu babi dan dianggap makanan haram.

Bulu babi merupakan kuliner laut yang sudah cukup terkenal di Indonesia. Disebut bulu babi karena hewan tersebut memiliki duri-duri panjang berwarna hitam. Dengan kata lain, bulu babi hanyalah julukan untuk hewan laut tersebut. Bulu babi juga kerap ditemukan di restoran Jepang. Bulu babi ini juga biasa disebut uni dan disantap bersama sajian sushi.

Lantas, seperti apa kelezatan dan cita rasa dari bulu babi?

Cheryl Gunawan, chef sekaligus pemenang MasterChef Indonesia Season 9 ini mengungkap kelezatan dari rasa bulu babi. Dia menjelaskan, bulu babi juga jadi santapan favorit para penyelam. "Makanan (bulu babi) ini adalah hasil laut yang bentuknya bundar berduri, sering jadi favorit para diver," kata Cheryl di akun X, @cherylpgunawan.

Di dalam cangkangnya terdapat daging lezat dan gizi yang tinggi, sering dijadikan topping masakan di beberapa negara terutama di Jepang, ujarnya.

Uni atau daging dari bulu babi ini biasanya berwarna kekuningan. Banyak pencinta kuliner berbondong-bondong untuk mencicipi uni atau bulu babi langsung di Jepang. Bulu babi memiliki rasa yang manis dan segar. Biasanya, uni atau bulu babi nikmat disantap bersama wasabi dan sashimi segar.

Rasanya gimana? Creamy, manis, aku kemarin juga baru makan pas saat liburan di sapporo, Jepang, katanya.

Bila ingin mencicipi uni atau bulu babi, Anda tak perlu jauh-jauh ke Jepang. Sajian ini juga banyak ditemukan di Indonesia. Beberapa restoran khas Jepang di Tanah Air pun mulai banyak menjajakan uni atau bulu babi dengan rasa yang manis dan segar.

Topik Menarik