Buka Pameran Budaya, Wamenparekraf Dorong Pariwisata Inovatif dan Regeneratif di Indonesia

Buka Pameran Budaya, Wamenparekraf Dorong Pariwisata Inovatif dan Regeneratif di Indonesia

Travel | inews | Kamis, 4 April 2024 - 21:28
share

JAKARTA, iNews.id - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf), Angela Tanoesoedibjo meresmikan pameran budaya berbasis blokchain di Pura Tirta Empul, Kabupaten Gianyar, Bali. Wamenparekraf mengatakan, pihaknya berkomitmen mendorong praktik pariwisata yang inovatif dan regeneratif di Indonesia demi menjaga warisan budaya yang tak ternilai harganya untuk generasi mendatang.

"Kalau kita bicara pariwisata berkelanjutan, fokusnya adalah doing less harm. Tetapi ketika kita bicara pariwisata regeneratif itu kita ingin doing more good," ujar Angela dalam peluncuran Pameran Budaya bertajuk Water Civilization di Pura Tirta Empul, Bali, Rabu, 3 April 2024.

Kehadiran pariwisata, lanjut dia, bukan hanya sebagai sumber ekonomi semata namun lebih dari itu. Pariwisata hadir sebagai sumber pendorong kehidupan untuk semua. Mengupayakan kesejahteraan destinasi lokal, lingkungan, serta masyarakat di dalamnya.

Hal ini senada dengan prinsip hidup yang dianut oleh masyarakat Bali mengenai Tri Hita Karana, yang membangun hubungan harmonis antara manusia dengan Tuhan, dengan sesama, dan dengan alam.

"Jadi sebelum kita mengenal konsep pariwisata regeneratif, Bali sudah terlebih dahulu menganut konsep ini Tri Hita Karana," katanya.

Pameran ini diharapkan mampu membawa dampak besar, khususnya dalam menarik wisatawan untuk lebih banyak berkunjung ke Pura Tirta Empul ini.

Topik Menarik