Viral Detik-Detik Pulau Guishan di Lepas Pantai Yilan Rusak Imbas Gempa M 7,7 di Taiwan

Viral Detik-Detik Pulau Guishan di Lepas Pantai Yilan Rusak Imbas Gempa M 7,7 di Taiwan

Travel | inews | Rabu, 3 April 2024 - 15:40
share

JAKARTA, iNews.id - Gempa berkekuatan M 7,7 di Taiwan telah mengejutkan banyak orang. Salah satu dampak yang terjadi akibat gempa tersebut adalah Pulau Guishan.

Pulau Guishan alias Pulau Turtle Mountain di lepas Pantai Yilan di Taiwan Timur ikut mengalami kerusakan. Detik-detik hancurnya bagian ujung pulau berbentuk penyu itu tampak terekam dalam video dan viral di media sosial. Salah satunya diunggah oleh akun X @TheInsiderPaper.

Menurut keterangan unggahan akun tersebut, Pulau Guishan menjadi salah satu wilayah yang mengalami dampak kerusakan terparah akibat gempa bumi terbesar dalam seperempat abad terakhir yang melanda Taiwan itu.

"BREAKING: Kerusakan besar-besaran di Pulau Guishan (Pulau Turtle Mountain), pulau berbentuk penyu di lepas Pantai Yilan di Taiwan Timur, di tengah gempa bumi yang kuat, tulis keterangan unggahan akun X @TheInsiderPaper, Rabu, (3/4/2024).

Dalam video yang diunggah, terlihat penampakan Pulau Guishan dari kejauhan yang tampak runtuh di bagian ujung. Dua kapal kecil juga terlihat tengah melintas di depan pulau tersebut.

Penampakan kerusakan di Pulau Guishan dari dekat juga tampak direkam oleh salah seorang penumpang kapal yang videonya diunggah ulang oleh akun X @Byron_Wan. Dalam video tersebut, terlihat jelas bagian ujung pulau tampak mengepul akibat runtuhan beberapa bagian tebing pulau.

Sebagai informasi, Taiwan dilanda gempa bumi terbesar dalam seperempat abad terakhir. Kejadian ini memicu peringatan tsunami bagi pulau yang memiliki pemerintahan sendiri itu, serta Jepang dan Filipina.

Gempa bumi pada Rabu (3/4/2024) mengguncang bangunan dari fondasinya dan menyebabkan tanah longsor di bagian timur pulau tersebut. Setidaknya dua bangunan di timur Kota Hualien ambruk. Di ibu kota Taipei, kendaraan menepi di pinggir jalan dan layanan kereta bawah tanah sempat terhenti sementara, ubin bangunan tua terlempar dan perabotan roboh akibat kekuatan gempa.

Serangkaian gempa susulan terasa di ibu kota sekitar 15 menit kemudian dan berlanjut hingga satu jam berikutnya. Pihak berwenang tidak segera melaporkan adanya korban jiwa. Pihak berwenang Taiwan mengeluarkan peringatan tsunami di wilayah pesisir, menyerukan warga untuk waspada, dan mengatakan gempa susulan dapat berlanjut selama tiga hingga empat hari ke depan karena intensitas gempa.

Badan Meteorologi Jepang (JAM) menyatakan kekuatan gempa berkekuatan 7,7 skala Richter (SR), naik dari perkiraan sebelumnya sebesar 7,5.

Topik Menarik