Rekomendasi Oleh-Oleh Mudik Khas Garut, Nggak Melulu Dodol, Kali Ini Cicipi Comring!

Rekomendasi Oleh-Oleh Mudik Khas Garut, Nggak Melulu Dodol, Kali Ini Cicipi Comring!

Travel | inews | Rabu, 3 April 2024 - 11:44
share

JAKARTA, iNews.id - Melakukan perjalanan mudik ke Garut belum lengkap tanpa membeli oleh-oleh enak dan lezat. Garut merupakan salah satu destinasi di Jawa Barat yang memiliki kuliner hingga produk UMKM yang khas.

Biasanya, jika liburan ke Garut, dodol menjadi oleh-oleh favorit. Padahal, ada banyak oleh-oleh lainnya yang menggugah selera wajib dicicipi.

Ya, tak melulu Dodol, berikut beberapa oleh-oleh khas Garut yang wajib dibeli saat mudik Lebaran, dirangkum pada Rabu (2/4/2024).

1. Chocodot

Selain dodol, buah tangan wajib dari Garut yang tidak boleh terlewat tentu saja chocodot. Jajanan ini merupakan perpaduan antara coklat berkualitas tinggi dengan dodol khas Garut. Pilihan rasanya pun bervariasi ada chocodot rasa dodol, kacang, buah, hingga rasa cabai. Kemasan menarik dan rasa yang unik membuat oleh-oleh kekinian khas Garut ini jadi favorit banyak wisatawan.

2. Burayot

Burayot merupakan makanan ringan khas Garut. Makanan ini memiliki tampilan warna coklat dengan rasanya manis gula merah. Penganan ini terbuat dari tepung beras merah, gula merah, kacang tanah, dan minyak kelapa. Nama Burayot berasal dari bentuknya yang keriput seperti sesuatu yang menggantung atau dalam bahasa Sunda "ngaburayot".

3. Endog Lowo atau Emplod

Oleh-oleh khas Garut selanjutnya adalah Endog Lowo. Sesuai namanya, makanan ini memang bentuknya mirip endog atau telur. Makanan ini terbuat dari singkong dan berasal dari Kampung Lowo di Kecamatan Malangbong, Kabupaten Garut. Masyarakat setempat mengenal Endog Lowo ini dengan sebutan Emplod.

4. Kecap Manis Cap Kuntji

Bagi masyarakat Garut, kecap manis cap Kuntji yang telah hadir sejak tahun 1960-an memang menjadi bagian yang tak mungkin bisa dilepaskan dari kuliner yang mereka hasilkan sejak lama. Bahkan ada pameo di tengah masyarakat Garut setiap kuliner khas Garut yang terkenal gurih, asam dan manis harus menggunakan campuran kecap manis cap Kuntji.

5. Ladu

Oleh-Oleh selanjutnya yang bisa Anda beli saat berkunjung ke Garut adalah Ladu. Makanan khas Garut ini berbahan dasar tepung ketan, gula aren, dan juga parutan kelapa. Kuliner Garut bercita rasa manis ini memiliki tekstur kenyal layaknya dodol, hanya saja permukaannya terasa lebih keras dan juga kasar. Panganan ini cocok menjadi alternatif buah tangan pengganti dodol.

6. Keripik Moring

Nama Moring merupakan singkatan sari Cimol Kering. Hal ini dikarenakan keripik khas Garut satu ini terbuat dari bahan tepung kanji layaknya cimol yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi keripik yang renyah dan lezat. Camilan khas Garut yang tengah populer dan banyak digemari ini tersedia dalam berbagai varian rasa mulai dari rasa keju, bbq, hingga rasa pedas.

7. Batik Garut

Tak hanya kuliner, Garut juga punya oleh-oleh kain Batik. Berbeda dengan motif batik oleh-oleh khas Jogja atau Solo, motif batik Garut itu lebih cerah dan motifnya juga lebih beragam. Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi untuk membeli batik ini adalah Desa Sindanglaya di Karangpawitan. Desa ini merupakan sentra penghasil batik Garut yang terkenal bagus dan murah.

8. Comring Banjarwangi

Keripik unik oleh-oleh khas Garut yang bisa Anda pilih selanjutnya adalah comring atau combro garing. Camilan ini terbuat dari singkong parut dengan bumbu combro yang membuat rasanya khas. Selain rasa gurih ada juga pilihan rasa lain seperti pedas, keju, jagung, dan lainnya. Satu bungkus comring ini bisa dibeli dengan harga Rp22.000 untuk ukuran kemasan 500 gram.