Viral, Gen Z Enggan Liburan ke Indonesia karena Takut Naik Boeing, Sandiaga Uno: Kasih Tiket Murah!

Viral, Gen Z Enggan Liburan ke Indonesia karena Takut Naik Boeing, Sandiaga Uno: Kasih Tiket Murah!

Travel | inews | Senin, 25 Maret 2024 - 17:26
share

JAKARTA, iNews.id - Ada hal unik yang terjadi pada gen Z di luar negeri. Menurut penelitian yang dilakukan JW Surety Bonds mengungkap, hampir separuh dari seluruh gen z takut terbang karena masalah keselamatan yang mengganggu pesawat Boeing 737.

Penelitian ini dilakukan oleh 1.000 orang Amerika Serikat tentang perjalanan udara termasuk 230 anggota Gen Z, yang mengejutkan, 49 persen di antaranya kini takut untuk naik pesawat.

"Ketakutan terbang tampaknya semakin meningkat di kalangan Gen Z," kata Merritt Ryan dari JW Surety Bonds kepada The Post.

Ketakutan ini terjadi sejak pandemi Covid-19, terapis di New York City, Lesley Koeppel, menyebut para Gen Z kehilangan kemampuan untuk memercayai orang yang mereka cintai atau institusi sosial yang sangat penting dalam perkembangan mereka.

Terlebih lagi banyak kejadian kecelakaan pesawat boeing beberapa waktu lalu. Hal itu membuat banyak gen z tidak memercayakan apa pun yang dijelaskan oleh maskapai seperti Boeing atau Otoritas Penerbangan Federal AS (FAA).

Ketakutan gen z ini tak hanya di luar negeri, tapi juga di Indonesia. Banyak gen z yang tidak ingin berlibur ke Indonesia karena kebanyakan pesawatnya menggunakan boeing. Padahal pemerintah terus menggencarkan untuk berwisata di Indonesia.

Menanggapi hal itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan Kementerian Perhubungan dan juga maskapai menjamin seluruh armada layak terbang. "Nggak usah terlalu takut, gen z dibecandain aja, asal tiket murah mereka berangkat, kata Sandiaga Uno dalam acara The Weekly Brief with Sandiaga Uno, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (25/3/2024).

Sandiaga berharap agar jumlah penerbangan bisa lebih banyak lagi, sehingga harga tiket bisa lebih terjangkau dan wisatawan bisa berlibur di Indonesia.

"Intinya tiket murah dan ini penting banget. Pelita Air sudah nambah (kursi) Transnusa juga. Akan ada pesawat baru juga yang datang dan akan dan segera menambah jumlah ketersediaan kursi kita," tuturnya.

Topik Menarik