Goa Paling Sakral Tersembunyi di Pantai Selatan, Konon Pernah Dikunjungi Presiden Soekarno 

Goa Paling Sakral Tersembunyi di Pantai Selatan, Konon Pernah Dikunjungi Presiden Soekarno 

Travel | inews | Kamis, 21 Maret 2024 - 10:49
share

JAKARTA, iNews.id - Keindahan alam yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta sangat menarik untuk dijelajahi. Apalagi jika singgah ke kawasan Gunungkidul, wisatawan harus menjajal masuk ke dalam Goa Langse yang misterius.

Gua ini lokasinya tersembunyi di Pantai Selatan. Tepatnya di tebing perbukitan Kapur yang terletak sekitar 5 kilometer dari Kawasan Pantai Parangtritis. Selain memiliki pemandangan yang indah Goa Langse juga dikenal sebagai tempat ritual.

Ketika ke Gunungkidul, salah satu pantai yang bisa dikunjungi dan melegenda hingga saat ini adalah Pantai Selatan. Tidak hanya laut selatan yang melegenda. Di sini juga terdapat Goa Langse. Gua ini sangat kental dengan cerita sejarah. 

Dulunya, gua ini sempat beberapa kali dikunjungi Presiden Soekarno dan Sri Sultan Hamengkubuwono IX. Kini, Goa Langse kerap dijadikan salah satu objek wisata dengan lansekap lautan yang begitu memukau.

"Goa Langse, menjadi salah satu tempat favorit di Yogyakarta di samping makam raja-raja Imogiri, Gua Cerme dan sederet tempat lain yang memiliki aura mistis. Goa Langse menjadi favorit karena berkaitan erat dengan Legenda Nyai Roro Kidul, penguasa Laut Selatan," tulis Instagram @Indoflashlight.

Untuk menuju ke mulut gua, Anda harus melewati jalan setapak dengan lebar paling besar satu meter. Selain itu, harus melewati tangga dari kayu, anak tangga dari batu kapur hingga akar-akar pepohonan yang banyak menjulur di kaki-kaki bukit. Tenaga ekstra dibutuhkan untuk turun dan naik tangga tersebut.

Dari batu Plawangan tersebut, pengunjung bisa menikmati hamparan nan luas laut selatan yang berwarna biru. Di sebelah barat terlihat indah Pantai Parangtritis yang terkenal karena menjadi Ikon wisata di Yogyakarta.

Goa Langse terletak di Girijati, Area Hutan, Giricahyo, Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk mencapai tempat ini Anda harus menempuh waktu sekitar satu jam atau memakan jarak tempuh 31 Kilometer dari pusat Kota Yogya.

Akses menuju lokasi terbilang ekstrem karena harus berjalan kaki cukup jauh dari parkiran menuju lokasi. Selain itu, Anda akan melawati jalanan menanjak. Meski melelahkan, pemandangan hamparan lautan Pantai Parangtritis dan alam sekitar yang begitu indah akan memikat siapa saja berkunjung ke sini.

Topik Menarik