Ini Penginapan "Haji Koboi" di Makkah, Lokasi dan Harganya Bikin Tidak Terduga

Ini Penginapan "Haji Koboi" di Makkah, Lokasi dan Harganya Bikin Tidak Terduga

Travel | BuddyKu | Kamis, 8 Juni 2023 - 19:20
share

PERNAH mendengar istilah haji koboi ? Jangan kira mereka ini berpenampilan ala koboi seperti di film-film.

Penyebutan ini diperuntukan bagi mereka yang berangkat haji tanpa izin (tasreh). Di mana semestinya izin tersebut didapat dari Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi (MoI).

Lokasi penginapan haji koboi di Makkah. (Foto: YouTube Alman Mulyana)

Jika demikian, para haji koboi ini masuk ke Makkah tanpa adanya izin. Lalu di mana mereka tinggal?

Ternyata para jamaah itu bermukim di rumah-rumah yang terletak di gang sempit area Kota Makkah. Mereka menyewanya sampai rangkaian ibadah selesai.

"Biasanya orang yang melaksanakan haji koboi, mereka akan datang satu bulan sebelumnya dan tinggal di rumah-rumah yang tampak kumuh," ujar vloger Alman Mulyana seperti dikutip dari kanal YouTube-nya.

Ia mengatakan, jika para haji koboi ini diketahui petugas keamanan, maka akan dikenakan denda serta sanksi lainnya karena masuk secara ilegal.

Meskipun haji koboi ini tinggal di rumah-rumah yang tampak di wilayah kumuh dan kotor, ternyata harga sewa per kamarnya cukup tinggi. Minimal mereka harus membayar 15 real atau setara Rp60 juta per kamar.

"Jadi tempatnya itu kotor, tapi sewaannya mahal," ujar Alman.

Dalam satu kamar terdapat empat hingga enam tempat tidur, lengkap dengan peralatannya seperti bantal, selimut, dan seprai berwarna putih.

Kemudian di dalamnya juga terdapat kamar mandi. Memang fasilitasnya tidak sebagus atau lengkap seperti di hotel-hotel pada umumnya.

Namun, keberadaan penyewaan rumah ini sangat membantu para haji koboi ini untuk tinggal sampai ibadah haji mereka selesai.

Wallahu a\'lam bisshawab .

Topik Menarik