India Jarang Ada Gedung Pencakar Langit, Alasannya Bikin Takjub

India Jarang Ada Gedung Pencakar Langit, Alasannya Bikin Takjub

Travel | BuddyKu | Sabtu, 3 Juni 2023 - 10:34
share

JAKARTA, celebrities.id - India merupakan negara besar dengan penduduk empat besar di dunia. Ketika pelesir ke negeri Bollywood ini, Celeb Hitz jarang sekali menjumpai gedung-gedung pencakar langit. Kenapa?

Biasanya begitu tiba di ibu kota suatu negara, wisatawan akan disambut gedung tinggi sebagai ikonik negara maupun sebagai kawasan bisnis. Di ibu kota India ternyata jarang ditemui. Gedung pencakar langit hanya ditemui di Mumbai saja. Jumlahnya pun sedikit.

Laporan The B1M dan Bloomberg, dikutip Sabtu (3/6/2023), tak adanya pembangunan gedung pencakar langit di India ternyata berhubungan dengan aturan menahan negara untuk menjadi besar dan mengelola kepadatan.

Negara tersebut diketahui mempertimbangkan kesehatan dan keselamatan untuk pembatasan ini.

Dan juga menjadi upaya untuk mengurangi jumlah orang yang tinggal di satu wilayah dan mengendalikan skala pembangunan. Pada 1991, dalam upaya untuk membatasi konstruksi baru dan mencegah masuknya migran, Mumbai memperkenalkan Indeks ruang lantai (FSI) hanya 1,3 meter.

Pertumbuhan horizontal di Mumbai terbatas lantaran lokasi geografisnya di sebuah pulau, tetapi FSI yang rendah membatasinya lebih jauh lagi.

Baru pada 2022 Mumbai melonggarkan pembatasan. Meski hanya sedikit, sekarang FSI berkisar antara 2,5 dan 5 meter tergantung pada lokasi tepatnya. Kota-kota lain di seluruh India memiliki angka yang sama atau bahkan lebih rendah.

Tetapi jika negara itu membangun secara vertikal, dan berinvestasi lebih banyak dalam infrastrukturnya, maka krisis perumahan perkotaannya dapat teratasi. Apalagi India termasuk negara dengan penduduk terbesar di dunia.

Artikel ini sudah tayang sebelumnya di www.okezone.com

https://travel.okezone.com/read/2023/03/23/406/2785961/kenapa-tak-ada-gedung-gedung-pencakar-langit-di-india?page=2

Topik Menarik