Prosesi Miqat di Bir Ali Lancar, Sebagian Jemaah Haji Mulai Menuju Mekkah

Prosesi Miqat di Bir Ali Lancar, Sebagian Jemaah Haji Mulai Menuju Mekkah

Travel | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 22:59
share

JAKARTA, iNews.id - Ribuan jemaah haji Indonesia hari ini mulai mendatangi Masjid Dzulhulaifah atau Bir Ali untuk mengambil miqat dan berniat ihram. Selanjutnya, jemaah menuju Mekkah untuk menunaikan umrah wajib sebagai bagian dari rangkaian ibadah haji.

Dari pantauan di lokasi, setibanya di Bir Ali jemaah yang telah mengenakan kain ihram sejak di hotel turun untuk mengambil wudhu dan melaksanakan salat sunah. Sementara jemaah lansia yang memiliki keterbatasan kemampuan fisik memilih untuk tetap berada di bus.

Setelah melaksanakan salat dan berniat ihram, jemaah kembali ke bus untuk melanjutkan perjalanan menuju Mekkah dengan menempuh perjalanan sekitar 6 jam. Prosesi miqat di Bir Ali yang dilakukan jemaah haji Indonesia berlangsung tertib.

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Zaenal Muttaqin mengatakan, jemaah haji yang mulai mengambil miqat berasal dari lima kloter yakni, Kloter 1 dari embarkasi Jakarta (JKG) sebanyak 393 jemaah, kemudian Kloter 1 embarkasi Solo (SOC) sebanyak 360 jemaah.

Kloter 1 dari embarkasi Makassar (UPG) sebanyak 393 jemaah. Termasuk Kloter 1 embarkasi Aceh (BTJ) sebanyak 393 jemaah dan Kloter 1 embarkasi Medan (KNO) sebanyak 370 jemaah.

Dua jemaah haji enggak bisa ke Bir Ali karena masih dirawat. Keduanya tidak bisa berangkat ke Mekkah karena masalah kesehatan, ucapnya, Kamis (1/5/2023).

Kepala Sektor Khusus Bir Ali Aruji Maswatu mengatakan, mulai hari ini jemaah haji Indonesia mulai diberangkatkan ke Mekkah. Sebelum ke Mekkah jemaah haji lebih dahulu mengambil miqat untuk berniat ihram.

Jemaah haji lanjut usia (lansia) dan yang memiliki keterbatasan pengambilan miqat dilakukan di atas bus. Bir Ali ini merupakan tempat berniat untuk melaksanakan umrah wajib karena itu merupakan rukun haji. Kalau tidak berniat maka hajinya tidak sah, katanya.

Setelah berihram, kata dia, maka sudah berlaku larangan-larangan ihram bagi jemaah haji baik lelaki maupun perempuan. Dia menambahkan, sejauh ini proses miqat jemaah haji berjalan dengan lancar. Tidak ada satupun jemaah yang tertinggal di Bir Ali.

Alhamdulillah, mulai dari jemaah tiba, mengambil wudhu, masuk Bir Ali salat sunah dan kembali ke bus masing-masing menuju ke Mekkah semua berjalan lancar, ucapnya.

Topik Menarik