Kenapa Indonesia Disebut Negara Wakanda oleh Netizen? Ternyata Ada Hubungannya dengan Aturan Ini

Kenapa Indonesia Disebut Negara Wakanda oleh Netizen? Ternyata Ada Hubungannya dengan Aturan Ini

Travel | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 20:59
share

JAKARTA, iNews.id - Kenapa Indonesia disebut Negara Wakanda? Apakah ada hubungannya dengan film Marvel Black Panther?

Sebagaimana yang telah diketahui, kata Wakanda kerap berseliweran di media sosial. Istilah tersebut sering digunakan sebagai kata plesetan oleh orang Indonesia untuk menyebut negaranya.

Biasanya, kata Wakanda dipakai saat masyarakat Indonesia ingin mengungkapkan kekecewaannya atas kebijakan pemerintah hingga perilaku warga negaranya.

Istilah ini bahkan pernah menduduki trending topic di Twitter dan mencapai ratusan ribu tweet.

Hanya di Negara Wakanda, orang yang salah asal cakep pasti dibela, tulis salah seorang warganet di Twitter, seperti dikutip iNews.id pada Kamis (31/5).

Sudah pakai sistem digital tapi masih saja diminta fotocopy berkas, tapi itu sih di Wakanda, kalo di sini aman, cuit warganet lainnya.

Adapun alasan di balik penggunaan istilah Wakanda untuk menyebut Indonesia adalah sebagai berikut.

Kenapa Indonesia Disebut Negara Wakanda oleh Netizen?

Jika ditelisik lebih jauh, Wakanda sendiri merupakan negara fiktif yang ada dalam film Marvel Studios. Kata tersebut bahkan dijadikan sebagai judul film, yakni Black Panther: Wakanda Forever.

Dalam film Black Panther, Wakanda diceritakan sebagai negara yang kaya dan makmur. Di sana juga lahir banyak superhero hebat yang mampu menyelamatkan dunia.

Sayangnya, citra baik Negara Wakanda justru menjadi istilah negatif untuk menyebut Indonesia. Namun, hal itulah yang melatar belakangi penggunaan istilah tersebut.

Digunakannya istilah Wakanda yang makmur dan kaya sebagai plesetan kata Indonesia bertujuan untuk menghindari Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) atau Undang-undang Nomor 11 tahun 2008 yang mengatur tentang informasi serta transaksi elektronik, atau teknologi informasi secara umum.

Dengan kata lain, orang Indonesia yang ingin mengungkapkan kekecewaan atas negaranya di media sosial cenderung menggunakan istilah Wakanda agar terbebas dari pasal pencemaran nama baik.

Sementara itu, penggunaan istilah Wakanda ini diyakini bermula saat salah seorang influencer menceritakan kasus model papan atas Australia, Michelle Leslie yang ditahan polisi Indonesia atas tuduhan kepemilikan Narkoba pada 2005. Dalam ceritanya, ia memakai istilah polisi Wakanda untuk menyebut polisi Indonesia.

Influencer tersebut merasa kecewa atas sikap polisi Indonesia yang meminta uang sejumlah ribuan dolar kepada Michelle Leslie untuk membebaskan sang model dari jeratan hukum. Sejak saat itu, istilah Wakanda marak digunakan sebagai plesetan dari kata Indonesia sampai saat ini.

Topik Menarik