5 Fakta Menara Saidah yang Jarang Diketahui, Biaya Pembangunannya Fantastis

5 Fakta Menara Saidah yang Jarang Diketahui, Biaya Pembangunannya Fantastis

Travel | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 18:07
share

JAKARTA Pembahasan Menara Saidah seolah tidak pernah berhenti. Gedung perkantoran yang telah lama ditinggalkan ini kerap menarik perhatian banyak orang.

Berikut lima fakta kehebohan Menara Saidah dikutip dari berbagai sumber:

1. Viral karena menyala merah

Menara Saidah yang terletak Jalan MT Haryono, Jakarta, Indonesia, ini viral di media sosial karena terlihat menyala merah saat senja atau masuk waktu Magrib.

Video singkat Menara Saidah tampak merah itu diunggah oleh akun @love_jkt. Sang pemilik akun menuliskan kondisi Menara Saidah yang tampak menyala. "Menara Saidah Menyala merah. Sering lihat juga," tulisnya.

2. Sudah lama kosong

Menara Saidah yang dulunya bernama Menara Drassindo ini diketahui sudah lama ditinggalkan. Gedung pencakar langit di Pancoran, Jakarta Selatan itu sudah lama ditinggalkan penghuninya dan terbengkalai sejak 2007.

3. Mitos kuntilanak

Perempuan indigo, Furi Harun, menyebut, Menara Saidah memang sudah jadi rumah bagi kuntilanak merah.

Furi menjelaskan bahwa dirinya dan Komunitas Indigo pernah melakukan observasi mengenai hantu kuntilanak merah Menara Saidah pada 28 Mei hingga 12 September 2019.

4. Biaya pembangunan fantastis

Menara Saidah diketahui dibangun selama tiga tahun yakni dari 1995 1998. Gedung ini memiliki 28 tingkat dengan 24 lantai, 2 basement, dan 2 semi basement. Saat itu, ongkos pembangunan Menara Saidah mencapai Rp100 miliar.

Gedung yang dibuat PT Hutama Karya dan menjadi gedung tinggi pertama yang dibangun oleh kontraktor tersebut disebut-sebut memiliki masalah pada bagian pondasi bangunan.

5. Dihuni perusahaan ternama

Saat awal berdiri, Menara Saidah dihuni oleh perusahaan-perusahaan ternama. Namun sejak 2007, Menara Saidah sudah ditinggalkan banyak penghuninya.

Diketahui nama Menara Saidah diambil dari nama sang pemiliknya, Saidah Abu Bakar Ibrahim.

Topik Menarik