6 Hal Wajib Dipersiapkan Sebelum Road Trip, Pelajari Rute

6 Hal Wajib Dipersiapkan Sebelum Road Trip, Pelajari Rute

Travel | BuddyKu | Kamis, 1 Juni 2023 - 07:22
share

JAKARTA, celebrities.id - Road trip dengan menggunakan mobil ke sejumlah wilayah menjadi alternatif bagi yang ingin menikmati libur. Namun, sebelum itu dilaksanakan, ada baiknya Celeb Hitz perhatikan dulu yang harus dipersiapkan.

Salah satunya kondisi mobil agar perjalanan terasa aman dan nyaman. Selain mobil, ada pula beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan Road Trip.

Dikutip dari siaran pers Auto2000, berikut ini beberapa hal yang harus perhatikan sebelum melakukan Road Trip, Kamis (1/6/2023).

1. Pelajari Rute

Dengan adanya peta digital seperti Google Maps, Waze dan sebagainya, kamu bisa mempelajari rute yang akan dilewati. Dari mulai mengecek posisi rest area, atau exit tol terdekat dengan tempat tujuan.

Kemudian, manfaatkan juga fitur yang dapat menghitung tarif tol yang akan dilewati serta fitur street view untuk mempelajari lokasi, agar kamu tidak kebingungan. Selain itu, perhatikan juga durasi perjalanan, untuk menyesuaikan estimasi pulang pergi dengan waktu libur kamu.

2. Browsing Lokasi Wisata yang Tengah Viral

Sebelum melakukan road trip, ada baiknya kamu untuk mencari tahu lebih dulu tempat-tempat wisata yang tengah viral atau belum pernah kamu kunjungi. Carilah referensi sebanyak mungkin di internet.

Setelah mendapat berbagai referensi, kamu bisa berdiskusi dengan keluarga untuk memilih tempat wisata yang tepat. Hal itu untuk mencegah kebingungan dan perubahan pikiran saat detik-detik memulai perjalanan.

3. Hunting Penginapan Sesuai Kebutuhan

Di sejumlah tempat wisata, biasanya banyak tersesia berbagai tempat penginapan. Mengenai hal itu, sebaiknya pilihlah penginapan yang bisa dipakai sebagai tempat beristirahat.

Tapi, jangan kesampingkan juga dari sisi faktor keamanan dan kenyamanan. Terpenting, pilihlah penginapan yang sesuai dengan budget jangan sampai over budget karena bisa membuat liburan kamu tidak menyenangkan.

4. Hitung Budget Perjalanan

Sebelum melakukan Road Trip, sebaiknya kamu menghitung seluruh biaya oengeluaran selama berlibur. Dari mulai bensin, tol, penginapan, makan, jajan , parkir, beli oleh-oleh dan sebagainya.

Jangan lupa juga untuk memasukan biaya tak terduga ke dalam budget. Hal itu guna mengantisipasi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti ada anggota keluarga yang sakit, atau mobil mengalami kerusakan

5. Kondisi Pengemudi Harus Bugar

Dalam melakukan road trip selama beberapa hari tentunya membutuhkan pengemudi yang sehat dan bugar. Sebaiknya, ada dua pengemudi agar bisa bergantian berkendara setiap 2-3 jam perjalanan.

Apabila tidak memungkinkan dua pengemudi, tidak masalah bila mengemudi sendirian, tapi harus istirahat setiap 2-3 jam dan istirahat total setelah 10 jam perjalanan

6. Pastikan Kondisi Mobil Prima

Kondisi mobil yang prima sangat penting ketika ingin menempuh perjalanan jauh. Karena itu, perhatikan sejumlah komponen penting seperti ban, mesin, dan cairan mobil, khususnya oli mesin, oli transmisi, air wiper dan cairan lainnya.

Karena, bila kondisi mobil tidak prima, bisa berbahaya dan mengurangi kenyamanan saat kamu melakukan road trip bersama keluarga.

Topik Menarik