2 Bayi Singa Afrika Jantan-Betina Lahir di Kebun Binatang Surabaya, Diberi Nama Bima dan Dona

2 Bayi Singa Afrika Jantan-Betina Lahir di Kebun Binatang Surabaya, Diberi Nama Bima dan Dona

Travel | BuddyKu | Selasa, 30 Mei 2023 - 05:11
share

SURABAYA, iNews.id - Dua bayi singa Afrika, jantan dan betina, lahir di Kebun Binatang Surabaya (KBS). Bayi singa itu diberi nama Bima dan Dona.

Saat ini, bayi singa tersebut berusia sekitar 4 bulan. Dengan kelahiran dua bayi singa yang lahir dari singa betina bernama Seruni dan jantan Upin tersebut, total koleksi singa Afrika di KBS lima ekor.

Dirut KBS Chairul Anwar mengatakan, dua bayi singa ini merupakan hasil breeding sukses, kerja sama dengan Jatim Park.

Kedua bayi singa lahir 4 bulan lalu. Pada Senin (29/5/2023) siang, 2 ekor bayi singa ini dirilis KBS setelah kondisinya stabil.

Saat ini, kedua bayi singa ini berada di kandang karantina dalam tahap pertumbuhan dengan pendampingan penuh dari indukan bernama Seruni karena asupan makanan dari bayi singa ini masih full ASI (air susu ibu), kata Dirut KBS.

Rencananya, ujar Chairul Anwar, 2 bayi singa hasil pengembangbiakan yang dilakukan oleh KBS ini, bulan depan akan pindah kandang setelah bisa mencerna makanan pendamping ASI.

Kelahiran dua bayi singa ini merupakan hasil kerja keras dari tim karena memang singa koleksi di KBS sudah tua.

Kemudian KBS mendapatkan bantuan singa betina dari Jatim Park. Alhamdulillah hanya dalam jangka waktu lebih kurang satu tahun ya itu sudah bisa menghasilkan dua anak singa, ujar Chairul Anwar.

Dirut KBS menuturkan, selain program pengembangbiakkan singa Afrika, KBS juga bekerja sama dengan Kebun Binatang Bukittinggi, Sumatera Barat untuk mendatangkan sepasang harimau Sumatera.