Innalillahi! Calon Haji Asal OKU Timur Meninggal di Asrama Haji Palembang

Innalillahi! Calon Haji Asal OKU Timur Meninggal di Asrama Haji Palembang

Travel | BuddyKu | Senin, 29 Mei 2023 - 14:03
share

GenPI.co Sumsel - Calon jemaah haji Embarkasi Palembang bernama Turiyah (71) asal Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan , meninggal dunia pada Minggu (28/5) dini hari pukul 00.15 WIB.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Selatan, Syafitri Irwan di Palembang , Senin (29/5).

Irwan menyebut jika Turiyah masuk ke Asrama Haji Palembang pada Jumat, (26/5).

Turiyah pun dirujuk ke RS Siti Fatimah karena mengalami anemia dan gangguan kesehatan lain setelah melewati proses pemeriksaan kesehatan di asrama haji.

"Pihak kesehatan baik di Embarkasi Palembang maupun RS Siti Fatimah telah berusaha maksimal untuk memulihkan kesehatan Ibu Turiyah. Namun Allah berkehendak lain, dini hari tadi almarhum meninggal, ujarnya.

Saya secara pribadi dan mewakili pemerintah, khususnya PPIH Embarkasi Palembang, mengucapkan turut berduka cita atas kepergian almarhumah. Kami yakin almarhumah meninggal khusnul khotimah karena sedang dalam proses perjalanan ibadah haji," katanya.

Dengan demikian, almarhumah akan dibadalkanhajikan oleh petugas haji Indonesia sesuai regulasi.

Hal itu disampaikanKepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Sumsel, Armet Dachil di Palembang.

Kemudian, ahli waris almarhumah juga akan mendapatkan asuransi.

"Pemerintah menyiapkan program badal haji di setiap operasional penyelenggaraan ibadah haji. Program ini menjadi bagian dari layanan yang disiapkan bagi jamaah yang memenuhi kriteria," jelasnya.

Ada 3 kelompok jemaah haji yang dapat dibadalhajikan secara regulasi.

Pertama, jemaah yang meninggal dunia di asrama haji embarkasi, saat dalam perjalanan keberangkatan ke Arab Saudi, atau sebelum wukuf di Arafah.

Kedua, jemaah haji yang sakit dan tidak bisa disafariwukufkan. Ketiga, jemaah haji yang mengalami gangguan jiwa.

"Almarhumah sendiri saat ini sudah dibawa ke Kecamatan Belitang, Kabupaten OKU Timur, Sumsel, dan akan dikebumikan di sana," ucapnya. (Antara)

Jangan sampai ketinggalan! Kamu sudah lihat video ini ?

Topik Menarik