Apa Itu Generasi Sandwich? Berikut Penjelasan serta Dampak yang Sering Dialami

Apa Itu Generasi Sandwich? Berikut Penjelasan serta Dampak yang Sering Dialami

Travel | BuddyKu | Senin, 30 Januari 2023 - 15:55
share

IDXChannel - Apa itu Generasi Sandwich? Istilah yang akhir-akhir ini sering dibahas dan muncul di media sosial. Padahal istilah tersebut telah muncul sejak 1981 yang dikenalkan langsung oleh seorang profesor.

Adapun profesor tersebut bernama Dorothy A. Miller yang mana beliau merupakan direktur praktikum di University Kentucky, Lexington, Amerika Serikat. Generasi Sandwich sendiri diambil dari analogi atau ibarat seperti Sandwich.

Lantas, sebenarnya apa itu Generasi Sandwich? Agar lebih jelas dalam mengetahui makna istilah tersebut, silahkan simak ulasan yang telah kami ringkas dari berbagai sumber berikut ini.

Pengertian Generasi Sandwich

Generasi Sandwich merupakan istilah bagi generasi orang dewasa yang sudah memiliki tanggungan. Dalam hal ini orang-orang tersebut memiliki tanggungan hidup tiga generasi, yakni orang tuanya, diri sendiri dan anaknya.

Adapun analogi yang menjadikan istilah bagi generasi tersebut adalah roti sandwich. Karena ibarat sandwich yang memiliki beberapa lapisan sebagai contoh roti diatas dimaknai sebagai orang tua, dan roti bagian bawah merupakan anaknya.

Selain itu di bagian isi tengahnya seperti daging dan lain-lain merupakan diri Anda sendiri. Nah, generasi Sandwich biasanya didominasi oleh seseorang yang sudah berumur 30 hingga 40 tahun.

Namun ada juga yang berpendapat jika generasi sandwich berada di kategori dengan rentang usia 45-65 tahun bagi perempuan.

3 Dampak Generasi Sandwich

Adapun dampak yang sering dialami oleh seseorang jika sudah masuk dalam generasi sandwich. hal ini wajar terjadi karena mereka harus menanggung beban finansial, tanggung jawab, hingga kewajiban kepada diri sendiri dan keluarganya. Berikut beberapa dampak yang terjadi:

1. Selalu Merasa Bersalah

Biasanya generasi sandwich akan mudah merasa bersalah. Perasaan tersebut timbul saat dirinya tidak bisa mencukupi kebutuhan hidup dua keluarga yakni orang tuanya dan keluarga kecilnya seperti istri dan anak.

2. Mudah Lelah Fisik

Karena generasi sandwich masuk dalam kategori umur dari 30 hingga 60 an, maka wajar dampak yang terjadi dan sering dialami mereka yakni kelelahan fisik. Pasalnya mereka harus bekerja dan membagi waktu untuk mengurus rumah tangga dan keluarga.

3. Merasa Lelah Mental

Selain lelah fisik, lelah mental juga sering dialami oleh generasi sandwich. Banyaknya beban pikiran yang mereka tanggung, wajar jika mental generasi sandwich mudah merasa lelah.

Demikian ulasan mengenai apa itu generasi sandwich lengkap dengan dampak yang sering dialami. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan serta bermanfaat untuk Anda.

Topik Menarik