Jelang Shop Opening, Aquarium Indonesia Pangandaran Aquarium Terbesar di Indonesia Lakukan Persiapan

Jelang Shop Opening, Aquarium Indonesia Pangandaran Aquarium Terbesar di Indonesia Lakukan Persiapan

Travel | BuddyKu | Selasa, 6 Desember 2022 - 21:07
share

PANGANDARAN , iNews.id - Piamari Aquarium, akuarium raksasa di Pangandaran Jawa barat yang digadang-gadang akuarium terbesar di Indonesia, kini berubah nama menjadi Aquarium Indonesia Pangandaran.

Piamari atau Pangandaran Integrated Aquarium and Marine Research Institute yang kini dengan nama Aquarium Indonesia Pangandaran di bangun oleh kementerian kelautan dan perikanan di kawasan pelabuhan pendaratan ikan cikidang pangandaran.

Kelak Aquarium Indonesia Pangandaran akan menjadi aquarium terbesar di Indonesia bahkan menjadi aquascape terpanjang di dunia setelah aquascape di Portugal.

Aquarium Indonesia ini mengusung Marine Aquarium Education Centre yang di wujudkan dalam bentuk wahana yang di kemas dalam unsur Education conservation dan Recreation.

Di Aquarium Indonesia Pangandaran ini terdapat tiga jenis aquarium raksasa, memasuki gedung di lantai dasar, kita dapat melihat schooling aquarium berbentuk silinder dengan kedalaman 7 meter dan lebar 5 meter,yang akan diisi oleh ikan-ikan air asin.

Naik ke lantai dua ada kolam sentuh atau touch pool sehingga kita bisa menyentuh ikan, batu karang atau bintang laut, di kolam sentuh ini juga ada lukisan tiga dimensi.

Selanjutnya masuk ke ruangan tunnel aquarium, aquarium ini diisi oleh jenis ikan air tawar, panjang aquarium ini 47 meter dengan kedalaman 3 meter dan lebar rata-rata 3 meter.

Akuarium air tawar ini menjadi aquascape terbesar di dunia, karena aquascape yang ada di negara Portugal panjangnya hanya 40 meter.

Dan yang terakhir teater akuarium, rencananya disini di depan akuarium yang panjangnya 30 meter lebar 10 meter dengan kedalam 4 meter ini, untuk edukasi dan sosialisasi tentang kebencanaan,konservasi dan lain sebagainya.

Aquarium ini nantinya akan diisi oleh berbagai jenis ikan, seperti ikan pari,ikan hiu dan beberapa ikan kerapu yang berukuran besar.

Ahmad Lubis selaku Humas dan Marketing Aquarium Indonesia mengatakan, selain itu juga ada Aquarium utama, Aquarium cekung musium ibu rempah dan ada juga yang di namakan tak kenal maka tak sayang.

Menurutnya, setelah beralih pengelolaan, dari seluruh pengelolaan gedung juga Aquarium kini berganti nama menjadi Aquarium Indonesia.

Saat ini, kata Lubis, sedang melakukan persiapan menjelang shop opening yang akan di laksanakan pada pertengahan desember 2022.

Dari mulai mengganti nama Aquarium, warna cat di beberapa tempat dan juga lukisan mural di beberapa sport agar pengunjung bisa melakukan swapoto dengan keindahan-keindahan lukisan mural, jelasnya.

Selain itu juga akan mempersiapkan jenis - jenis ikan baru agar lebih banyak lagi ragam jenis parian biota laut yang ada dan yang sudah ada saat ini pun sudah cukup banyak baik air tawar maupun air asin.

Ada 4 jenis aquarium yang akan kami perlihatkan diantaranya cylinder thank, aquarium cekung, Aquarium utama itu jendela aquarium terbesar di indonesia dan touch full kolam yang di sediakan untuk anak anak, ujarnya.

Aquarium utama itu jendela Aquarium terbesar di indonesia dan akan ada puding show sehingga pengunjung bisa melihat penyelam dengan memberikan makan secara langsung kepada biota laut yang ada di Aquarium.

Ada satu lagi andalan kami yaitu Aquarium tematik yang di rancang menggunakan mobil asli di sulap menjadi aquarium namun nanti, imbuhnya.

Bahkan di Aquarium Indonesia Pangandaran ada tempat - tempat untuk edukasi ada musium yang berisikan peninggalan peninggalan nusantara di masa lalu.

Jadi bukan hanya fokus ke wisatanya saja, namun aquarium Indonesia memiliki visi untuk mengedepankan edukasi, tuturnya.

Masih Lanjut lubis, apabila ada dari rekan - rekan akademisi atau pun dari pihak - pihak lain ingin ikut belajar seperti magang atau pun penelitian pihaknya sangat terbuka.

Untuk kapasitas pengunjung kami menargetkan 600 hingga 700 pengunjung per hari, dan untuk sekali masuk bisa mencapai 100 sampai 200 orang (pengunjung) secara bergantian.

Untuk harga tiketnya saat ini belum bisa di sampaikan namun akan lebih murah dan terjangkau, bisa lebih murah di bandingkan dengan aquarium lainnya yang sudah di kenal banyak orang, pungkasnya.

Topik Menarik