Loading...
Loading…
Mau Pakai Kompor Induksi, Cek Dulu Peralatan Masak Kamu

Mau Pakai Kompor Induksi, Cek Dulu Peralatan Masak Kamu

Powered by BuddyKu
Travel | BuddyKu | Sabtu, 24 September 2022 - 13:18

Buntut dari ramainya wacana pemerintah yang akan mengalihkan listrik 450 VA ke 900 VA demi memaksimalkan subsidi pemerintah, muncul juga rencana pemerintah Indonesia yang menginginkan rakyatnya beralih dari kompor biasa berbahan bakar gas LPG ke kompor induksi. Buat yang nggak tahu kompor ini berbeda dengan kompor listrik meskipun sama - sama membutuhkan asupan listrik sebagai bahan bakar utama, tapi cara kerja dan sistem pemanasannya sangat berbeda.

Kompor induksi ini memiliki sistem elektromagnetik didalamnya untuk menghantarkan panas ke panci atau wajan secara langsung, cukup berbeda dengan kompor listrik yang menggunakan sumber listrik sebagai sumber panasnya tanpa adanya reaksi elektromagnetik, hal ini juga yang kerap membuat orang awam keliru dengan kedua jenis kompor ini. Nyatanya jika dilihat secara sekilas memang kompor ini sama - sama tidak membutuhkan api untuk memasak makanan.

Selain itu proses pembakaran dengan memanfaatkan reaksi elektromagnetik dinilai lebih aman dan efisien dalam penggunaan daya listriknya dibandingkan dengan kompor listrik pada umumnya.

Dari sini kita dapat berkesimpulan dengan beralihnya penggunaan kompor konvensional ke kompor induksi mungkin jadi alternatif yang bagus, tapi sebelumnya kamu harus tahu kalau tidak semua peralatan masak bisa digunakan untuk memasak dengan kompor magnetik ini. Alasannya sederhana, karena kompor ini menggunakan reaksi elektromagnet sebagai sumber panasnya tentu peralatan yang memakai bahan stainless, keramik, atau bahan lainnya yang sering digunakan, tidak bisa memicu reaksi elektromagnet yang dimaksud. Alhasil mau berapa jam kamu letakan wajan stainless diatas kompor, tidak akan ada panas yang keluar.

Panci dan Wajan Kompor Induksi Harus Berbahan Feromagnetik

Peralatan masak yang cocok digunakan bersama kompor induksi adalah peralatan yang berbahan dasar feromagnetik atau minimal bagian dasar dari panci atau wajan tersebut terbuat dari feromagnetik dengan ketebalan minimal 2mm. Banyak pabrikan yang sudah memberikan tanda di produk - produknya, dengan ditandai dengan kata induksi/induction dan juga ikon spiral.

Wajan atau panci stainless steel sebenarnya bisa digunakan selama bagian bawahnya bersifat magnetik selama memiliki ketebalan yang ideal. Banyak yang berpikir jika kompor tanpa api ini sudah dibagikan sesuai rencana pemerintah, mereka harus membeli set peralatan masak yang baru. Sebetulnya pemikiran seperti ini tidak sepenuhnya benar, karena prinsip kerja kompor magnetik ini yang membutuhkan bahan feromagnet sebagai bagian penghantar panas. Kamu bisa mengecek terlebih dahulu peralatan masak yang ada di rumah kamu, caranya cukup sederhana dengan menempelkan magnet di bagian bawah peralatan masak milikmu, jika magnet bisa menempel berarti ada reaksi manget disana dan tentu bisa digunakan untuk memasak dengan kompor magnet ini. Tetapi bisa digunakan bukan berarti cocok digunakan untuk memasak, ada hal yang perlu diperhatikan terutama ketebalan bahan dasar perkakas dapur tersebut, jika terlalu tipis bisa - bisa wajan atau panci kamu berubah bentuk.

Idealnya memang gunakan peralatan masak terutama wajan untuk kompor induksi yang memiliki bahan feromagnet dibawahnya dan juga memiliki label induksi agar kamu lebih yakin, tetapi tidak ada salahnya juga mengecek peralatan kamu dirumah. Kalau bisa berhemat kenapa harus mengeluarkan uang lagi ?

Original Source

Topik Menarik

{