Loading...
Loading…
Ngeri, China Gelar Latihan Perang Penyerbuan ke Taiwan dari Laut dan Udara

Ngeri, China Gelar Latihan Perang Penyerbuan ke Taiwan dari Laut dan Udara

Powered by BuddyKu
Travel | Inews | Sabtu, 06 Agustus 2022 - 11:51

TAIPEI, iNews.id - Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China melanjutkan latihan perang di sekitar perairan Taiwan, Sabtu (6/8/2022). Kali ini latihan menyimulasikan penyerbuan ke Taiwan.

Kementerian Pertahanan (Kemhan) Taiwan, dalam pernyataan yang dikutip Reuters, menjelaskan beberapa kelompok pesawat militer China terdeteksi di Selat Taiwan. Sebagian di antaranya melintasi garis tengah yang membatasi kedua wilayah.

Sebagai respons, Taiwan memberikan peringatan serta mengerahkan patroli intai udara. Selain itu kapal-kapal Angkatan Laut (AL) juga dikerahkan ke garis tengah.

Belum cukup, militer Taiwan menyiagakan rudal di pantai untuk memantau pergerakan pesawat-pesawat China.

Sebelumnya Kemhan Taiwan mengungkap pasukannya menembakkan flare pada Jumat malam untuk memperingatkan tujuh drone militer China yang terbang di atas Kepulauan Kinmen. Tindakan yang sama diberikan sebagai peringatan kepada pesawat tak dikenal yang terbang di atas Kepulauan Matsu.

Menurut Kemhan, pasukan yang berjaga di kedua pulau yang berada tak jauh dari dari pantai daratan China itu dalam siaga tinggi.

China menggelar latihan perang terbesar di enam zona perairan dan ruang udara yang mengeliling Taiwan sejak Kamis hingga Minggu besok. Latihan digelar sebagai respons atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi.

Pada Kamis lalu, China melakukan latihan penembakan dengabn meluncurkan belasan rudal balistik dari pulau dekat Taiwan. Empat di antaranya terbang melintasi udara Ibu Kota Taipei. Selain itu ada lima rudal yang mendarat di perairan Zona Ekonomi Eksklusif Jepang.

Original Source

Topik Menarik