Meski Sudah Perbaiki Stadion, Semen Padang Harus Bayar Retribusi

Meski Sudah Perbaiki Stadion, Semen Padang Harus Bayar Retribusi

Travel | BuddyKu | Rabu, 27 Juli 2022 - 04:10
share

GenPI.co Sumsel - Semen Padang FC harus membayar retribusi Stadion Haji Agus Salim, Kota Padang, Sumatera Barat , meski sudah memperbaiki fasilitas di stadion tersebut.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumatera Barat, Dedi Diantolani di Padang , Selasa (26/7).

Dedi menegaskan retribusi tersebut diatur dalam peraturan daerah.

Ia menyebutkan, sebagai penyewa, Semen Padang FC harus membayar retribusi karena memiliki konsekuensi hukum.

Apalagi Kabau Sirah merupakan tim sepak bola profesional dan bukan binaan Pemerintah Provinsi Sumbar.

Mereka itu dikelola perusahaan PT KSSP dan harusnya membayarkan sesuai regulasi yang berlaku. Terkait dengan biaya perbaikan yang mereka lakukan tentu itu tidak dapat diubah dalam bentuk biaya sewa, ujarnya.

Sebelumnya, Semen Padang FC mengusulkan kembali kepada Dispora Sumbar mengenai dana yang mereka gunakan untuk memperbaiki fasilitas Stadion Haji Agus Salim.

Jadi hal itu tak dapat disamakan dengan retribusi sewa stadion, ada proses lain yang harus dilakukan nantinya, ujar Dedi.

Dedi menyebutkan jika sebagai pengelola barang milik daerah, pihaknya dibebani target pendapatan daerah.

Kami jelas ada target pendapatan daerah dan aturan juga mengharuskan adanya retribusi penggunaan stadion, tuturnya.

Sementara itu, pihak Semen Padang FC mendatangi Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah untuk meminta Stadion Haji Agus Salim menjadi kandang mereka selama Liga 2 2022-2023.

Meski diperbolehkan, namun Pemprov Sumsel menyatakan jika Semen Padang tidak diperbolehkan menyewakan kembali kepada pihak lain.

Kami tidak meminta Semen Padang FC untuk memakai stadion ini tapi mereka yang datang meminta menggunakan stadion dan melakukan perbaikan sesuai standar kompetisi, pungkasnya.

Sebelumnya Semen Padang FC mengalokasikan anggaran Rp1 miliar lebih untuk memperbaiki Stadion Haji Agus Salim agar layak menggelar laga Liga 2.

Karena itu, CEO Semen Padang FC Win Bernardino berharap Pemprov Sumbar menghilangkan biaya sewa stadion sebagai kompensasi perbaikan.

Kita berharap Pemprov Sumbar dapat berkomunikasi dengan baik dengan kita terkait hal ini dan yang harus kita kejar saat ini adalah perbaikan sesuai dengan syarat stadion Liga 2, harap Win. (Ant)

Jangan lewatkan video populer ini:

Topik Menarik