Loading...
Loading…
Pesona Gunung Rajabasa di Lampung Selatan, Miliki Danau Misterius dengan Air Sangat Jernih

Pesona Gunung Rajabasa di Lampung Selatan, Miliki Danau Misterius dengan Air Sangat Jernih

Powered by BuddyKu
Travel | Inews | Rabu, 20 Juli 2022 - 11:02

JAKARTA, iNews.id - Pesona keindahan Gunung Rajabasa di Lampung Selatan selalu menarik untuk dijelajahi. Gunung Rajabasa adalah gunung berapi dengan kerucut vulkanik.

Memiliki ketinggian 1.281 meter di atas permukaan laut, Gunung Rajabasa menawarkan pemandangan alam eksotis dan menyejukan mata. Menjajakan kaki di Gunung Rajabasa akan pulang membawa sejuta kenangan indah serta foto super estetik.

Penasaran seperti apa keindahan Gunung Rajabasa di Lampung Selatan? Berikut ulasannya dirangkum pada Rabu (20/7/2022).

Pesona Gunung Rajabasa

Rasa lelah ketika naik gunung akan hilang sejenak saat menyaksikan matahari terbit bukan? Begitu pula saat berada di Gunung Rajabasa. Sunrise menawan bisa dinikmati dari gunung tersebut.

Tak hanya sunrise, sunsetnya pun tak kalah indah. Ditambah lagi, air laut Jawa dengan warna kebiruan yang jernih membuat tubuh betah untuk berdiam diri di puncak Gunung Rajabasa.

Bukan hanya pesona area gunungnya saja yang memikat, tetapi juga kawasan sekitar Lampung Selatan. Bayangkan saja, hutan serta sawah hijau nan asri siap membuat pikiran segar kembali.

Spot Instagramable

Ada spot foto yang tak pernah dilewatkan oleh pengunjung ketika sampai di kaki Gunung Rajabasa yakni Batu Cukup. Sesuai namanya, konon berapapun jumlah orang yang menaiki batu tersebut akan tetap cukup. Selain Batu Cukup di kaki Gunung Rajabasa, ada pula Kawah Mati. Jika ingin sampai ke kawah, siap-siap menerima tantangan turunan licin dan lembap.

Kaki Gunung Rajabasa juga terdapat hamparan rumput hijau yang kerap diburu oleh pengunjung untuk mengabadikan foto. Suasana alam perbukitan menghadap ke Selat Sunda serta tak jauh dari garis pantai, terasa begitu unik.

Danau Misteri

Setiap gunung di Indonesia menyimpan misterinya masing-masing, begitu pula dengan Gunung Rajabasa. Dipercaya ada danau misteri yang tak semua orang mampu melihatnya.

Kalau kebetulan \'beruntung\' ditampakkan wujud danau tersebut, pendaki akan melihat danau berisi air super jernih. Ada yang percaya danau di Gunung Rajabasa itu akan tetap kering walaupun diguyur hujan deras. Keyakinan lain mengatakan danau di Gunung Rajabasa sebenarnya memiliki air, namun entah mengapa hanya cukup dipergunakan sebagai sumber minum pendaki.

Lokasi dan Akses Masuk

Gunung Rajabasa terletak di Kabupaten Lampung Selatan. Secara administratif, gunung ini berada di Kecamatan Kalianda dengan jarak kurang dari km dari pusat kota.

Adapun puncak Gunung ini berada di arah Tenggara kota Kalianda dan Kota Banda Lampung. Bisa juga dari arah barat laut dari Pelabuhan Bakauheni. Umumnya, pendaki Gunung Rajabasa memilih akses masuk dari jalur Desa Sumur Kumbang. Jaraknya hanya sekitar lima kilometer dari Kalianda.

Sementara, dibutuhkan waktu lima hingga enam jam untuk benar-benar sampai ke puncak Gunung Rajabasa. Selama menaiki Gunung Rajabasa, para pendaki akan menemui empat pos peristirahatan. Bagaimana, penasaran ingin menjelajahi Gunung Rajabasa?

Original Source

Topik Menarik